Beberapa Hal Penyebab Bluescreen Pada Laptop


TAKTIKTOP.com - Blusescreen adalah suatu kondisi dimana sistem operasi mendeteksi kesalahan atau kerusakan pada sistem sehingga jalannya sistem harus dihentikan secara paksa. Ketika sistem dihentikan secara paksa biasanya disertai dengan tampilan layar berwarna biru beserta beberapa informasi terkait berupa teks warna putih, itulah kenapa disebut bluescreen.

Sejumlah kalangan juga menyebutnya dengan BSOD, kepanjangannya adalah Blue Screen Of Death. Disebut demikian karena ketika sistem mengalami bluescreen pasti disertai dengan sistem mati mendadak atau restart sendiri setelah menampilkan tampilan biru.

Bluescreen umumnya terjadi saat sistem sedang dalam proses startup untuk masuk ke desktop dan bisa juga terjadi saat sudah berada pada mode desktop. Ketika baru digunakan untuk keperluan sehari-hari tiba-tiba mendadak bluescreen, itu biasa terjadi.

Penyebab terjadinya bluescreen ada beberapa hal, umumnya disebabkan oleh hal-hal berikut ini:

Kesalahan Konfigurasi Bios
Mode Sata
Pada masa transisi dari Windows XP ke Windows Vista, hal ini sering sekali terjadi, yaitu kesalahan dalam memilih mode Sata pada Bios. Pada saat artikel ini ditulis, bluescreen yang disebabkan kesalahan seperti itu sudah jarang terjadi, tetapi tidak ada salahnya untuk mengecek konfigurasi Bios ketika mengalami bluescreen.

Pengaturan mode sata biasanya terletak di Advance Bios Features, jika terjadi bluescreen inilah hal paling ringan yang pertama kali dilakukan, yaitu mengecek kembali setting bios. Sesuaikan setting dengan kondisi saat menginstall sistem operasi. Jika sudah menggunakan Windows 8 ke atas seharusnya sudah menggunakan mode AHCI.

Ram tidak kompatibel
Modul Memori
Penyebab kedua yang sering terjadi adalah ram atau memori yang tidak kompatibel atau tidak cocok. Jika menggunakan dua keping ram, maka cobalah untuk melepas salah satu dari ram tersebut kemudian coba nyalakan kembali laptop.

Jika masih tetap terjadi bluescreen  maka lepas ram tersebut dan ganti dengan keping yang satunya kemudian nyalakan kembali laptop dan perhatikan apakah bluescreen masih terjadi. Jika tidak terjadi maka kemungkinan penyebabnya adalah ram keping yang pertama.

Jika hanya menggunakan satu keping ram, lepas ram tersebut kemudian langsung dicoba dengan ram yang lain, tidak perlu langsung beli tetapi bisa meminjam dulu ke orang lain untuk memastikan apakah penyebab bluescreen benar-benar dari ram atau bukan.

Driver Crash
Safe Mode Pada Windows 8
Penyebab yang paling umum selanjutnya adalah Crash Driver atau driver yang terinstall tidak kompatibel atau tidak cocok dengan hardware yang terpasang pada motherboard.

Untuk mengidentifikasi persoalan yang disebabkan oleh yang satu ini, coba masuk ke safe mode. Karena didalam safe mode seluruh driver akan dinon-aktifkan dan sistem akan berjalan dengan mode minimalis.

Jika benar disebabkan oleh driver yang tidak kompatibel, seharusnya tetap bisa masuk ke safe mode, dan didalam safe mode bisa dilakukan uninstall driver yang menjadi penyebab terjadinya bluescreen. Lebih manjur lagi kalau dilakukan clean install sistem operasi kemudian menginstall driver resminya.

System Corrupted
Windows 8 Bluescreen
Penyebab selanjutnya adalah sistem yang korup. Korup disini dalam artian terdapat file sistem yang hilang atau rusak, sehingga sistem tidak stabil dan mengakibatkan bluescreen. File sistem yang hilang atau rusak bisa terjadi tanpa disadari oleh pengguna.

Sebelum menuju ke penyebab bluscreen terakhir ada baiknya untuk melakukan clean install sistem operasi lebih dulu. Jika benar hanya karena sistem yang korup maka kamu dapat bernafas lega karena dengan install ulang sistem operasi pasti beres.

Kerusakan  pada motherboard
Ic Tokin Toshiba L510
Apabila solusi-solusi yang sudah dijelaskan diatas tidak mampu memperbaiki kondisi bluescreen yang terjadi pada sistem, maka dengan berat hati mengatakan bahwa kerusakan terjadi pada motherboard, dan inilah penyebab paling banyak terjadinya bluescreen yang sesungguhnya.

Saya mengambil contoh Bluescreen pada Toshiba Satellite L510 dan yang masih dalam varian yang sama, penyakit yang terjadi pada laptop tersebut adalah terjadi bluescreen saat sistem sedang startup atau masih dalam proses loading menuju desktop normal.

Kasus tersebut banyak dialami oleh laptop Toshiba L510 dan yang masih satu varian dengannya. Penyebab terjadinya bluescreen pada laptop tersebut kerusakan pada IC Tokin yang letaknya berada dibawah prosesor, pada sisi motherboard yang lain.

Intinya adalah Ic Toking tersebut tidak mampu membagi aliran listrik ke seluruh core prosesor yang aktif, sehingga menyebabkan bluescreen. Jika fitur multi core processing pada bios dinonaktifkan, sehingga hanya satu core prosesor saja yang bekerja bisanya masih bisa masuk normal ke desktop.

Jika ternyata penyebabnya adalah kerusakan motherboard, maka dianjurkan untuk menyerahkan proses selanjutnya pada yang lebih profesional dan terpercaya -kecuali kalau kamu sendiri memang profesional- untuk ditindak lanjuti.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments
Z21
February 6, 2017 at 12:25 PM delete

gan saya mau tanya apa bedanya kerusakan regulator dengan kerusakan vga?
apakah problem keduanya mucul bluescreen atau tidak?

Reply
avatar
February 6, 2017 at 2:41 PM delete

keduanya bisa menyebabkan bluescreen

Reply
avatar