Membongkar Dan Membersihkan Fan Dell Inspiron 14z - 5423


TAKTIKTOP.com - Masih berada dalam ruang lingkup Dell Inspiron 14z - 5423, setelah pada artikel sebelumnya dipelajari tentang bagaimana caranya melepas dan dilanjutkan dengan mengganti keyboard Dell Inspiron 14z - 5423. Selanjutnya akan dilanjutkan pada sesi tutorial selanjutnya.

Sesi tutorial laptop Dell Inspiron 14z - 5423 selanjutnya adalah bagaimana caranya membongkar badan utama laptop dan dilanjutkan dengan membersihkan fan. Membongkar Dell Inspiron 14z - 5423 dapat dilakukan apabila akan melakukan keperluan seperti berikut:

  • Mengganti hardisk
  • Melepas atau mengganti baterai.
  • Membersihkan fan.
  • Mengganti thermal pasta.
  • Perbaikan komponen motherboard.
Untuk proses membongkar badan utama laptop Dell Inspiron 14z - 5423, peralatan yang dibutuhkan hanya obeng plus dan pick gitar. Pick gitar bersifat opsional, dapat diganti dengan benda lain yang yang mempunyai ujung berbentuk pipih.


Bagi yang belum terbiasa atau baru coba-coba melakukan bongkar dan pasang hardware laptop, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran.


Jika peralatan telah siap, mari sekarang langsung dilanjut ke proses membongkar badan utama laptop Dell Inpiron 14z - 5423, langsung meluncur ke bawah berikut:

Melepas Ram Cover
Yang pertama dilakukan adalah melepas ram cover, yaitu bagian casing yang menutup ram. Untuk melepasnya kendorkan sekrup yang berada pada bagian yang dilingkari merah. Selanjutnya ram cover bisa dilepas.

Melepas Ram dan Odd
Selanjutnya adalah melepas ram dan odd. Untuk melepas ram, geser kedua penjepitnya keluar sehingga ram terangkat dan dapat dicabut. Untuk odd bisa langsung ditarik keluar saja, karena sekrupnya jadi satu dengan ram cover dan sudah dilepas.

Melepas Sekrup
Selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang berada pada base assy atau casing badan utama bagian bawah. Seluruh sekrup tersebut berada pada bagian yang dilingkari merah pada gambar diatas. Jangan sampai ada satupun yang terlewatkan.

Melepas Pengunci Keyboard
Proses selanjutnya beralih ke bagian atas laptop untuk melepas keyboard. Lepaskan lebih dulu pengunci keyboard yang berada pada posisi dilingkari merah menggunakan pick gitar. Selipkan pada lubang kecil yang ada disana, kemudian geser penguncinya sambil angkat ke atas keyboardnya.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah ketiga klip pengunci dilepas, keyboard dapat diangkat, tetapi ingat kabel keyboard masih tersambung pada motherboard sehingga harus dilepas lebih dulu. Untuk melepasnya tinggal dibuka saja pengunci slot kabel keyboard dengan cara menggeser penguncinya ke atas.

Melepas Sekrup dan Kabel
Setelah keyboard berhasil dilepas, selanjutnya adalah melepas sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah dan dilanjutnkan dengan melepas seluruh kabel yang berada pada lingkaran hijau yang masih tersambung ke motherboard.

Melepas Top Assy
Melepas Top Assy
Selanjutnya adalah giliran melepas top assy atau casing yang menutup badan utama laptop bagian atas. Untuk itu gunakan alat bantu pick gitar atau sejenisnya, selipkan pada sudut belakang seperti pada gambar diatas. kemudian geser ke bawah sambil digoyangkan supaya sambungan terlepas.

Lakukan langkah tersebut ke seluruh sambungan casing base assy dan top assy. sehinga seluruh bagian sambungan dapat terlepas seluruhnya.

Melepas Baterai
Gambar diatas adalah penampakan bagian dalam laptop. Langkah selanjutnya adalah melepas baterai lebih dulu, yaitu dengan melepas kedua sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah. Setelah sekrup dilepas, baterai dapat diangkat dengan mudah.

Melepas Hardisk
Setelah baterai dilepas, barulah hardisk dapat dilepas, karena posisi baterai melintang diatas hardisk. Sehingga untuk melepas hardisk pada Dell Inspiron 14z - 5423 harus melepas baterainya lebih dulu. Untuk melepas hardisk tinggal ditarik keluar dari slot-nya saja.

Melepas Wlan, Sekrup, dan Kabel
Selanjutnya adalah melepas perangkat wlan yang terdapat pada bagian yang dikotak merah putus-putus pada gambar diatas. Sebelum wlan dilepas, lepas lebih dulu kabel antena-nya, kemudian lepas sekrup yang ada disana baru wlan dapat terangkat dan selanjutnya dilepas.

Selanjutnya adalah melepas kabel yang berada pada bagian yang dilingkari biru, kabel fleksibel lcd dan kabel usb board. Cara lepasnya tinggal ditarik ke atas saja. Untuk baterai Cmos hanya dilepaskan dari lem yang melekatkan ke casing saja. Setelah itu lepas satu sekrup yang berada pada bagian dilingkari merah.

Motherboard Dell Inspiron 14z - 5423
Setelah seluruh kabel dan sekrup dilepas, maka motherboard dapat dengan mudah diangkat. Untuk mengangkatnya dari sisi sebelah kanan, tepat pada tepi sebelah kanan sekrup yang dilepas tadi.

Mengendorkan Sekrup Fan
Untuk melepas fan, lepas dulu kabel fan yang masih terhubung ke motherboard pada bagian yang dilingkari biru, selanjutnya kendorkan sekrup thermal module yang berada pada bagian dilingkari merah. Setelah itu fan dapat dilepas dan diangkat dengan mudah untuk selanjutnya dibersihkan.

Sampai disini berarti proses membongkar badan utama laptop Dell Inspiron 14z - 5423 sudah selesai. Untuk merakitnya kembali tinggal dibalik saja urutan proses dari yang terakhir menuju yang pertama. Begitu juga dengan tindakan yang dilakukan kebalikan dari pada saat proses pembongkaran.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
November 5, 2019 at 3:53 PM delete

Mksh banyak bang Gue jd bs buka,
Soalnya btre udah rusak

Reply
avatar