Cara Mengetahui Mac Address Wifi atau Perangkat Jaringan Lainnya


TAKTIKTOP.com - Mac Address adalah kode unik yang berfungsi sebagai identitas suatu perangkat jaringan. Perangkat jaringan yang dimaksud bisa berarti Wifi, ethernet, modem, bahkan bluetooth sekalipun. Karena identitas yang dimiliki setiap perangkat jaringan bersifat unique atau unik, itu berarti setiap perangkat jaringan yang satu dengan yang lainnya memiliki mac address yang berbeda.

Pada kalangan mahasiswa yang sering online menggunakan hotspot kampus, biasanya setiap perangkat harus mendaftarkan dulu perangkat yang akan digunakan untuk online kepada institusi terkait, supaya bisa mendapatkan username untuk login hotspot. Dalam proses pendaftaran itu pasti akan diminta untuk mengisikan Mac Address, nah disini banyak yang kebingungan, mac address aja banyak yang belum tau. 

Nah sebenarnya cara mengetahui mac address sangat mudah, caranya sama antara Windows XP, 7, 8 dan 10. Berikut caranya:

Masuk Command Prompt
  • Pada desktop, tekan tombol Windows+R untuk memunculkan jendela Run seperti pada gambar diatas.
  • Setelah jendela Run muncul ketikkan cmd lalu tekan enter atau klik OK.
Cara Pertama
  • Pada jendela command prompt yang muncul ketik getmac /v sehingga akan muncul jendela seperti diatas.
  • Mac address terletak pada kolom Physical Address yang dikotak merah, tinggal dipilih saja Mac pada perangkat mana yang dibutuhkan.
  • Pada kolom paling kiri ada Connection Name, Ethernet berarti Lan Card, Wifi berarti adalah Wifi atau Wlan yang diperlukan untuk hotspot, Bluetooth adalah perangkat bluetooth yang tertanam pada laptop atau gadget, sedangkan Ethernet 2  pada gambar diatas hanya virtual yang mana merupakan bawaan program virtualbox, kalau tidak menginstall tidak akan muncul.
  • Mac Address terdiri dari kombinasi angka dan alphabet sebanyak 12 karakter, contoh: xx-xx-xx-xx-xx-xx.
Cara Kedua
  • Cara yang kedua, setelah jendela Command Prompt terbuka, ketikkan ipconfig /all
  • Untuk mengetahui mac address saja sebenarnya sudah cukup menggunakan cara yang pertama diatas. Bedanya cara yang kedua ini menampilkan lebih detail identitas yang ada pada setiap perangkat jaringan.
Mac Address Wifi
  • Jika menggunakan cara yang kedua, setelah mengetikkan ipconfig /all scroll ke bagian bawah sampe menemukan Wireless Lan adapter seperti yang dikotak merah pada gambar diatas.
  • Physical Address yang dikotak merah pada gambar diatas adalah Mac address untuk perangkat wifi kamu. 

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
April 10, 2018 at 12:21 PM delete

Maas maap mau tanya gmana sih cranya masukin wifi mac addreas android ke komputer pc

Reply
avatar