Menambahkan File, Folder dan Menonaktifkan Fitur Quick Access Pada Windows 10

Quick Acess Windows 10
TAKTIKTOP.com - Salah satu fitur yang terdapat dalam sistem operasi Windows 10 adalah Quick Access. Secara default, ketika membuka file explorer, maka tampilan langsung ditujukan pada quick access. Quick Access berfungsi untuk memberikan jalan pintas bagi pengguna komputer untuk mengakses secara cepat data-data yang sering digunakan. Sehingga begitu membuka file explorer data yang dibutuhkan sudah berada disana, tidak perlu lagi untuk masuk ke folder-folder yang kadang sangat njlimet bagai lorong labirin, lebay mode on :D.
Pun sebenarnya dari segi fungsi sangat bermanfaat, ternyata ada juga yang tidak menyukai fitur quick access ini. Mereka lebih menyukai tampilan klasik Windows explorer yang begitu dibuka langsung menuju My Computer atau This PC. Karena itu dalam artikel kali ini akan dibahas tentang bagaimana cara menambahkan file maupun folder ke dalam menu quick acess, hingga menonaktifkan halaman quick access sebagai tampilan default Windows explorer.
Menambahkan File dan Folder ke Dalam Quick Access
Menambahkan Folder ke Quick Access
  •  Untuk menambahkan file maupun folder ke dalam quick access caranya sangat gampang sekali dan banget.
  • Klik kanan pada file ataupun folder yang diinginkan kemudian pilih  Pin to Quick access.
  • Dengan begitu setiap membuka Windows explorer, file ataupun folder yang ditambahkan tadi langsung ada di quick access.

Menonaktifkan Quick Access Sebagai Halaman Default
Bagi yang tidak menyukai fitur quick access sebagai tampilan default pada Windows explorer, dan lebih menyukai tampilan Windows explorer klasik yang langsung menampilkan My Computer  atau  This PC, bisa melakukan langkah berikut:

Quick Access
  • Klik kanan pada Quick access kemudian pilih Option.
Opsi Quick Access
  • Setelah itu muncul jendela baru seperti pada gambar diatas, pada pilihan Open File Explorer to pilih This PC.
  • Klik OK, kemudian tutup Windows explorer dan coba buka kembali, maka tampilan akan langsung ditujukan ke This PC bukan lagi ke Quick Access seperti pada gambar dibawah:
Tampilan This PC
Untuk proses yang lebih detail bisa dilihat pada video berikut:

Semoga Bermanfaat!

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »