Facebook "M" Asisten Digital Bikinan Facebook Akan Segera Hadir

Perusahaan pengembang teknologi besar di dunia sepertinya sedang digandrungi untuk mengembangkan sebuah sistem yang dapat menjadi asisten pribadi bagi sang empu-nya perangkat.

Tercatat saat ini sudah ada beberapa asisten digital yang sudah cukup dikenal di masyarakat luas, antara lain Siri dari Apple, Google Now dari Google, dan yang sedang hangat akhir-akhir ini seiring dengan rilisnya Windows 10 yaitu Cortana dari Microsoft. Dalam waktu yang tidak lama lagi, sepertinya ketiga asisten digital yang saat ini cukup mendominasi dunia IT tersebut sepertinya akan diusik dengan rencana kehadiran asisten digital yang baru, yaitu Facebook 'M' atau Facebook Moneypenny. Perkembangan dunia asisten digital akhirnya menyeret Facebook untuk ikut serta dalam persaingan pengembangan asisten digital.

Sebagai salah satu raksasa IT, tentunya facebook tidak ingin ketinggalan dengan para kompetitornya dalam pengembangan sistem asisten digital, yang akhirnya Facebook memutuskan untuk ikut terjun dalam persaingan asisten digital. Isu yang berkembang saat ini, Facebook M rencana akan disematkan pada aplikasi chating milik facebook yaitu Facebook Messenger, dan pada tahap awal pengembangannya akan difokuskan pada sistem operasi Android dan iOS.

Namun ada satu hal yang unik pada Facebook M, disaat asisten digital lain berlomba-lomba untuk meningkatkan AI dalam mengenali perintah suara pemiliknya, Facebook M justru tidak dapat mengenali perintah suara. Untuk memberikan perintah pada Facebook M dilakukan melalui perintah text di Facebook Messenger.

Dibalik kekurangan tentu ada kelebihan, dengan memberikan perintah melalui text, Facebook M justru dapat memberikan informasi jauh lebih detail kepada pemiliknya, seperti: pemesanan tiket transportasi dan hotel, mengatur masalah finansial, bahkan bisa diperintah untuk mencari lokasi teman di Facebook. Hal sedetail itu belom mampu dilakukan oleh asisten digital kompetitornya.

Dibalik kekurangan yang masih kemungkinan ada pada Facebook M, itu baru rencana awal dalam tahap pengembangan Facebook M, bisa saja dalam pengembangannya kedepan sudah dilengkapi dengan mengenali perintah suara sehingga persaingan asisten digital menjadi semakin seru.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »