Menggunakan Virtual Desktop di Windows 10

Virtual Desktop Windows 10
Seringkali kita membuka banyak aplikasi tanpa menutup aplikasi yang sidah tidak diperlukan lagi. Membuka beberapa windows browser sekaligus, atau beberapa jendela file explorer sekaligus, sebenarnya tidak masalah sih apalagi kalo spesifikasi komputernya mumpuni, tentu gak masalah kalo cuman buka rombongan jendela sekaligus. Lain halnya kalo spesifikasi komputernya pas-pasan, lebih baik dihindari membuka rombongan jendela sekaligus seperti itu, untuk menghemat resource, kalo mau ngelakuin kaya gitu ya gak apa-apa juga sih, cuman palingan ntar sistemnya jadi ngadat :D.

Ketika jendela sudah banyak yang terbuka, dan tidak ada celah lagi untuk membuka jendela yang baru lagi, sering kali disibukkan dengan menutup jendela itu satu persatu, yang mana apabila jendela-jendela yang terbuka sudah kelewat banyak bisa jadi sangat menyita waktu bahkan bikin males. 

Sebenarnya gak perlu ditutup satu persatu jendela tersebut juga bisa kok, tinggal pindah ke desktop yang lain aja yang masih kosong, biarin saja desktop utama penuh dengan jendela aplikasi yang sudah terbuka. Pindah ke desktop lain yang masih kosong, ntar kalo sudah penuh tinggal nambah desktop lagi, penuh lagi nambah lagi selama komputer belom ngadat tambah terus aja, hehe.. Itulah yang dinamakan dengan Virtual Desktop. Jadi dalam satu sistem seolah-olah ada banyak desktop bisa berpindah dari satu desktop ke desktop lain dengan sangat mudah, 

Untuk mengakses virtual desktop caranya adalah sebagai berikut:

Icon Virtual Desktop
  • Icon yang ditunjuk dengan tanda panah merah adalah icon virtual desktop.
  • Klik icon tersebut untuk mengaktifkan virtual desktop.
Jendela yang Terbuka
  • Setelah mengeklik icon virtual desktop, seluruh jendela yang terbuka akan muncul mejadi beberapa thumbnail seperti pada gambar diatas.
  • Jika hanya ingin melakukan jalan pintas ke aplikasi lain juga bisa lewat virtual desktop, tinggal pilih aplikasi yang diinginkan kemudian klik.
  • Jika desktop dirasa sudah penuh bisa menambah desktop lain dengan mengeklik icon yang dilingkari merah pada gambar diatas.
Desktop 2 Muncul
  • Setelah mengeklik icon New desktop tadi akan muncul satu desktop kosong, nah tinggal dipenuhin lagi nih desktop kosong hehe :D.
  • Terus jendela-jendela yang tadi dibuka di desktop sebelumnya gimana? Jangan kuatir, jendela-jendela yang didesktop tadi masih tetap ada, tinggal kembali ke desktop 1 aja kalo ada butuh dengan desktop yang tadi, kemudian kembali lagi ke desktop 2 yang masih kosong.
  • Untuk kembali ke desktop yang tadi, klik icon virtual desktop lagi, akan muncul desktop 1 dan desktop 2, seperti pada gambar diatas, tergantung juga ada berapa desktop yang dibuat, kalo ada 5 ya berarti sampai desktop 5. Tinggal klik aja pada desktop yang diinginkan, begitu dan seterusnya.


Semoga Bermanfaat



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »