Cara Mengetahui Identitas Laptop Melalui Label Stiker


TAKTIKTOP.com - Pengguna laptop pasti sadar betul bahwa disebelah bawah laptop yang sering digunakan terdapat satu atau lebih stiker yang tertempel pada bagian bawah casing badan utama laptop.

Tetapi dari sekian banyak pengguna laptop rata-rata cuman sebatas tahu saja kalau dibagian bawah laptop tertempel stiker atau label, tanpa mengetahui apa fungsi sebenarnya dari sekian banyak stiker yang menempel pada bagian bawah laptop mereka.

Sebenarnya informasi yang ada didalam stiker tersebut cukup penting untuk diketahui, apalagi informasi yang terdapat pada label atau stiker identitas utama dalam suatu laptop. Karena dari beberapa stiker yang ada pada bagian bawah laptop pasti terdapat paling tidak satu yang berisi informasi tentang identitas dari laptop yang digunakan.
Stiker Bawah Laptop
Informasi yang dicantumkan dalam stiker tersebut biasanya berupa serial number, product number, dan model unit, yang mana ketiganya cukup penting, mengingat registrasi online yang dilakukan di website vendor laptop pasti membutuhkan informasi ketiganya.

Sebagai contoh pada gambar diatas, ada beberapa stiker yang ditempel pada bagian bawah laptop, diantara stiker tersebut salah satunya memuat informasi utama tentang identitas laptop, yaitu stiker paling berukurang paling besar yang berada disebelah kiri. Mari kita lihat lebih detail lagi.

Label Identitas
Dari stiker atau label identitas diatas ada beberapa hal yang perlu diketahui, keseluruhannya sudah dibagi menjadi beberapa kotak dengan angka yang selanjutnya akan dibahas satu persatu dibawah, yang mana keseluruhannya merupakan informasi utama dalam suatu laptop.

1. Model Laptop
Dalam hal ini sudah jelas bahwa laptop tesebut merupakan Toshiba Satellite L735, yang mana merupakan seri atau model laptop tersebut.

2. Product Number
Product number adalah seri yang lebih spesifik dari model number. Dalam satu model number bisa terdapat banyak product number, beda spesifikasi biasanya beda pula product number-nya.

Dalam contoh diatas modelnya adalah Toshiba Satellite L735 dengan product number PSK08L-01H00M. Sesama model Satellite L735 masih ada product number yang lain lagi misalnya PSK08L-00P00F, tergantung dari spesifikasinya masing-masing.

3. Serial Number
Nah kalau ditanya tentang serial number laptop disinilah jawabannya. Biasanya ketika servis laptop atau klaim garansi membutuhkan informasi tentang serial number. Juga ketika registrasi online di website pasti diminta memasukkan model, product number, dan serial number. Serial number antara laptop yang satu dengan yang lainnya pasti berbeda, tidak mungkin sama.

4. Besaran Daya Input
Informasi pada kotak nomor empat ini adalah besaran daya yang dibutuhkan sebagai inputan arus listrik yang masuk pada laptop tersebut. Dalam contoh tersebut inputan voltasenya adalah sebesar 19 volt dengan aliran arus listrik sebesar 3,42 ampere.

5. Spesifikasi Laptop
Pada barisan ini dimuat informasi tentang spesifikasi utama yang menyusun laptop tersebut. Mari kita pelajari satu persatu dimulai dari baris yang paling kiri.
i3231 - Laptop menggunakan prosesor Intel Core i3 231
2048 - Laptop menggunakan ram / memory bawaan sebesar 2048 MB atau sebesar 2 GB.
HM65 - Motherboard laptop menggunakan chipset Intel HM65.
640 - Hardisk bawaan laptop berkapasitas sebesar 640 GB.
13WCH - Singkatan dari 13 Wide Inches, yang berarti laptop menggunakan layar lebar 13 inci.
bgnBT - Wlan yang digunakan type b/g/n, BT berarti bluetooth.
6C(4400) - Baterai laptop tersusun dari 6 cell baterai, dengan kapasitas penyimpanan daya 4400 mah.
7HP - Sistem operasi original bawaan adalah Windows 7 Home Premium, bila tidak terdapat sistem operasi original bawaan maka yang tercantum adalah NOS.
1Y - Masa garansi laptop adalah 1 tahun (1 year).



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »