Copy - Paste di Command Prompt Windows 10


Secanggih apapun sistem operasi yang digunakan, tetap tidak bisa lepas dari penggunaan command prompt atau sering disebut juga dengan command line atau console  pada sistem operasi Linux. Pengguna komputer yang sudah berada pada tingkat lanjut dalam sistem operasi apapun pasti menggunakan fitur ini sesuai dengan kebutuhan masing-masing, paling nggak ya buat ngeping aja lah ya, hehe.. :D

Tau gak sih, kalo command prompt bawaan windows 10 udah ngedukung shortcut copy-paste seperti halnya pada desktop apps lainnya? udah gak perlu capek-capek lagi ngetik command panjang-panjang. Pada versi sebelumnya juga sebenarnya juga sudah memungkinkan copy-paste sih, tapi shortcut-nya berbeda dengan desktop apps. Nah pada versi Windows 10 ini shortcut-nya udah disamain dengan desktop apss, jadi bisa copy-paste CTRL+C, CTRL+V, hehe.. :D. Sebagai contohnya adalah kasus dibawah berikut ini:

Membuka Command Prompt
  • Oke kita buka dulu command prompt dengan cara klik kanan pada tombol start kemudian pilih command prompt (Admin).
Mengcopy String
  • Misalkan saya ingin mengcopy karakter yang berada pada kotak merah ya, tinggal diblok saja karakter yang ingin dicopy tersebut kemudian tekan CTRL+C untuk menyalin.
Paste di Command Prompt
  • Untuk menempelnya atau paste bisa pake shortcut CTRL+V, atau cukup dengan klik kanan saja maka karakter yang dicopy akan terpaste seperti pada gambar diatas.

Pun jika sobat sekalian tidak suka atau kurang nyaman menggunakan command prompt bawaan dari Windows 10 ini, dapat mengembalikan command prompt ke versi terdahulunya. Caranya cukup gampang, seperti berikut ini:

Konfigurasi Command Prompt
  • klik kanan pada tittle bar command prompt, kemudian pilih Properties seperti pada gambar diatas.
Enable Legacy Console
  • Berikan tanda centang pada opsi Use Legacy Console.
  • Kemudian klik OK, tutup jendela command prompt dan buka command prompt kembali.

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »