Mengatur Sendiri Jadwal Update Pada Windows 10


Hari sudah beranjak sore, sudah saatnya untuk pulang dari kantor. Dengan semangat 45 beresin meja kantor, masukin dalam tas, dan dengan sigap langsung shutdown komputer, penginnya langsung cepet mati, masukin laptop ke tas langsung cabut pulang. Tapi apa yang didapat? Ketika shutdown komputer Windows-nya malah nginstall update! Gubrak! 

Padahal nginstall update gak semuanya cepet, ada yang sampe nungguin lama. Disaat seperti itu perasaannya mungkin bagai makan buah simalakama, mau dimatiin paksa ntar Windows-nya rusak, mau ditungguin install update sampai selesai kok lama banget padahal dah keburu mau pulang. Problem seperti ini kebanyakan terjadi pada Windows 8, dimana Windows download update diam-diam, tanpa ada notifikasi, eee..ternyata pas mau shutdown malah nginstall update. 

Pada sistem operasi Windows 10, masalah seperti diatas sudah terdapat solusinya, yaitu dengan menjadwalkan kapan saja Windows akan menginstall update-nya. Sehingga tidak ada lagi kejadian mendadak Windows Installing Update. Caranya adalah sebagai berikut:

Masuk Setting
  • Klik pada tombol Start, kemudian klik Setting.
Masuk Menu Update & Security
  • Setelah masuk pada jendela Setting dilanjutkan dengan masuk ke menu Update & Security yang dikotak merah pada gambar diatas.
Download Update Yang Tersedia
  • Pada kolom sebelah kiri pilih Windows Update.
  • Jika pada Windows Update ada download yang tersedia klik Install pada bagian bawah update, sehingga Windows akan mendownload update yang tersedia.
  • Tunggu beberapa saat hingga download selesai dulu.
Mengatur Jadwal Instalasi Update
  • Begitu download update selesai, akan muncul jendela seperti pada gambar diatas.
  • Pada bagian yang dikotak merah, dapat diatur sesuai dengan kebutuhan sobat, kapan Windows akan melakukan instalasi update-nya.
  • Isikan waktu kapanpun yang agan inginkan, ini juga akan berlaku untuk update windows kedepannya.

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »