Tethering di Smartphone Bisa Masa di Laptop Gak Bisa? Gampang Kok!


TAKTIKTOP.com - Pengguna smartphone sudah  tentu tidak asing lagi dengan istilah tethering. Tethering adalah merubah mode perangkat Wifi dari yang umumnya bermode receive atau menerima menjadi mode transmit atau memancarkan. Dengan mengaktifkan fitur tethering berarti perangkat wifi menjadi memancarkan sinyal hotspot sehingga dapat diterima dan digunakan oleh perangkat lain yang menggunakan wifi pula.

Tetapi disini ada fenomena yang unik, disaat fitur tethering sudah tidak asing lagi bagi pengguna smartphone, tapi ternyata sebagian besar belum menyadari bahwa fitur tethering ini sudah ada pada laptop jauh-jauh hari sebelum muncul pada smartphone. Untuk menghubungkan 2 buah laptop masih kebingungan untuk mencari kabel lan, padahal itu bisa dilakukan hanya dengan menggunakan wifi yang mana dalam sistem operasi Windows disebut dengan Adhoc Connection. Fungsinya sama dengan tethering pada smartphone, bisa juga untuk mengakses informasi yang ada pada masing-masing komputer seperti: shared file dan folder, shared printer, remote desktop, dan yang paling penting bisa numpang onlen.

Untuk membuat koneksi adhoc tersebut caranya sangat gampang sekali, segampang mengaktifkan fitur hotspot tethering pada smartphone. Berikut langkah-langkahnya:

Icon Networking
  • Perhatikan icon yang ditunjuk dengan tanda merah, itu adalah icon networking.
  • Klik kanan pada icon tersebut, kemudian pilih Open Network and Sharing Center.
Network and Sharing Center
  • Pada jedela yang terbuka seperti pada gambar diatas, pilih Setup a new connection or network.
Setup Connection
  • Setelah itu akan muncul jendela baru seperti pada gambar diatas.
  • Scroll sampai mentok paling bawah, kemudian pilih Setup a wireless adhoc.
  • Bisa dobel klik atau klik kemudian klik tombol Next.
Setup Adhoc Connection
Profil Adhoc Connection
  • Setelah muncul jendela seperti diatas, isikan nama dan password yang diinginkan, bisa diisi apa saja terserah sesuai dengan keinginan.
  • Untuk Security type pilih WEP saja untuk kemudahan dalam memilih password. Diisikan WPA2-Personal juga ga masalah tetapi password yang diisikan harus dalam mode alay, dikombinasikan antara huruf dan angka. Bisa juga dikosongkan tanpa password, terserah mana saja yang mau dipilih.
  • Jika profil ini akan digunakan secara terus menerus berikan tanda centang pada Save this network. Jika cuman mau dipakai sekali saja tidak perlu disimpan.
  • Setelah semuanya fix klik tombol Next.
Koneksi Hotspot Berhasil Dibuat
  • Apabila setelah menekan tombol Next muncul jendela seperti pada gambar diatas, berarti koneksi adhoc sudah berhasil dibuat.
  • Selanjutnya tinggal mengetes koneksi tersebut dari perangkat lain, bisa dari smartphone maupun dari laptop lain. Dari komputer desktop juga bisa asalkan sudah terpasang wifi.
Cient Terhubung
  • Gambar diatas menunjukkan komputer lain / client sudah berhasil mendeteksi dan tersambung pada koneksi adhoc yang sudah dibuat tadi.

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments
February 21, 2016 at 7:53 AM delete

kalo windows 7 dihubungkan dengan windows 10 bisa gak?

Reply
avatar
October 13, 2016 at 1:12 AM delete

laptop saya toshiba Satellite NB10-A menggunakan windows 8, pada pilihan Setup a new connection or network. kog gak ada pilihan Setup a wireless adhoc? mohon pencerahanya gan.. makasih

Reply
avatar