Mengatur Sendiri Tile Start Menu Windows 10


TAKTIKTOP.com - Salah satu bentuk penyempurnaan Windows 10 atas versi pendahulunya, yaitu Windows 8, adalah tampilan Start Menu yang terintegerasi. Sebagaiman telah diketahui bersama pada Windows 8, start menu berubah menjadi Start screen, dimana seluruh menu start ditampilkan dalam 1 halaman khusus. Tetapi dalam perjalananya, sebagian besar pengguna sistem operasi Windows tidak menyukai start screen ini, sebagian lebih memilih kembali ke Windows 7 dan sebagian yang lain lebih memilih bertahan di Windows 8 tetapi melakukan tweak pada start screen supaya menjadi star menu klasik.

Dalam sistem operasi Windows 10 Start screen  yang terdapat pada Windows 8 tidak dihilangkan, tetapi digabungkan dengan start menu klasik menjadi satu kesatuan pada start menu. Dengan kata lain, ketika kita mengakses start menu, tampilan yang muncul adalah gabungan dari start menu klasik seperti pada Windows 7 dan sebelumnya, dan start screen pada Windows 8. Hal ini menjadi penutup dari sesuatu yang paling tidak disukai pengguna pada Windows 8. Ada beberapa hal yang dapat dilakukan untuk memodifikasi tampilan Start menu pada Windows 10, antara lain adalah sebagai berikut:

Menggeser Tile
Urutan tile tidak sesuai dengan keinginan? Gampang banget! Geser saja tile pada urutan dan posisi yang diinginkan. Buat geser tile caranya gampang banget, tinggal klik + tahan saja pada tile yang diinginkan, kemudian geser pada posisi mana saja yang diinginkan.

Mengatur Ukuran Tile
Mengatur Ukuran Tile
Caranya sangat gampang, tinggal klik kanan pada tile yang diinginkan, kemudian tinggal dipilih saja small/medium/wide. Semakin lebar dan besar ukuran tile tentunya semakin sedikit jumlah tile yang dapat ditampilkan pada start menu.

Menghapus Tile Dari Start Menu
Menghapus Tile
Dari sekian banyak tile yang ada pada start menu secara default, atau sudah bawaan dari Windows, tentu tidak semuanya pasti disukai. Mungkin ada yang perlu dihilangkan karena tidak sesuai dengan selera? Caranya gampang banget, klik kanan saja pada tile yang diinginkan kemudian pilih Unpin from Start.

Menambah Tile
Menambah Tile
Dari sekian banyak tile yang sudah ada disana secara default tentu tidak semuanya sesuai dengan keinginan dan kebutuhan kita. Kalo diatas sudah dipaparkan bagaimana cara manghapus tile yang tidak diperlukan, kali ini tentang bagaimana menambahkan tile ke Start menu. Caranya gampang, sama saja dengan menghapus, klik kanan pada apa saja yang diinginkan kemudian pilih Pin to Start maka aplikasi yang dipilih akan muncul pada deretan tile.

Mengelompokkan Tile 
Mengelompokkan Tile
Tile yang masih merupakan satu kategori dapat juga dikelompokkan kedalam masing-masing kategori sesuai keinginan. Ini fungsinya seperti  folder, bedanya hanya isi folder itu berupa jalan pintas ke aplikasi tertentu. Untuk mengelompokkan tile atau tile groupping bisa dilakukan dengan cara klik dan tahan tile yang diinginkan, kemudian geser  pada posisi yang ditandai merah, kemudian akan muncul kotak dialog  diatasnya untuk memberi nama groupnya.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »