Mengganti Akun Microsoft ke Akun Lokal Atau Sebaliknya Pada Windows 10



Seperti halnya pada Windows 8, pada Windows 10 juga terdapat dua macam akun bagi pengguna komputer, yaitu akun lokal dan akun Microsoft. Akun lokal adalah akun yang dibuat dari sistem atau komputer itu sendiri, biasanya pada saat instalasi mencapai tahap finishing. Sedangkan Microsoft Akun adalah akun yang dibuat secara online melalui email Outlook maupun Hotmail dan merupakan akun resmi untuk login pada seluruh produk Microsoft.

Sebenarnya menggunakan akun Microsoft lebih banyak keuntungannya dari pada menggunakan akun lokal. Pada akun Microsoft data-data informasi pribadi akan disinkronkan ke server Microsoft, seperti kalender, agenda, route, cuaca, bahkan poto dan video pun juga bisa. Itulah mengapa apabila komputer lebih sering digunakan online lebih baik menggunakan akun Microsoft, dan apabila lebih sering offline gunakan akun lokal saja. Untuk mengganti atau berpindah dari akun Microsoft ke akun lokal atau sebaliknya caranya adalah sebagai berikut:

Masuk Account Setting
  • Klik tombol Start kemudian klik pada akun sobat dibagian paling atas, pada gambar diatas adalah yang dikotak merah.
  • Klik pada akun sobat, kemudian pilih Change account setting.
Account Setting
  • Kemudian muncul jendela Account setting seperti pada gambar diatas, pilih pada opsi  Sign in with a local account instead.
  • Jika saat ini posisinya sedang menggunakan Local account maka yang dikotak merah menjadi Sign in with a Microsoft account.
Password Microsoft Account
  • Selanjutnya akan diminta memasukkan password untuk akun microsoft/
  • Jika sedang menggunakan akun lokal berarti yang diminta adalah password akun lokal, kalo tidak pakai password langsung klik Next aja.
Local Account
  • Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan informasi akun lokal, jika ada passwordnya diisikan saja, kalo tidak ada lansung tekan tombol Next.
  • Jika posisi masih di akun lokal atau baru mau mengganti ke akun Microsoft, maka yang muncul adalah jendela informasi akun Microsoft, masukkan akun Microsoft beserta passwordnya kemudian klik Next.
Switch Account
  • Setelah semuanya siap muncul jendela seperti gambar diatas.
  • Klik Sign out and Finish.

Semoga Bermanfaat

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

13 comments

Write comments
November 15, 2015 at 3:10 PM delete

Bro mau tanya saya coba klik sign in with microsoft account instead tapi ga bisa...apanya tun

Reply
avatar
November 15, 2015 at 3:14 PM delete

Online gan bro? Kalo login pake microsoft account harus online

Reply
avatar
November 21, 2015 at 5:42 AM delete

ane sdh coba sign boss pada saat online tp setelah sign ok n kemudian minta password lama.

Reply
avatar
October 27, 2016 at 11:05 PM delete

gan ane udah buat akun microsoft trus mau ganti ke akun microsoft nih tapi pas ane klik Sign in with a local account instead. itu kursor cuma muter doang klo ane geser malah ga muter lagi kenapa ya, padahal WiFi connected sambil streaming lagi
tolong penjelasan nya gan

Reply
avatar
October 28, 2016 at 8:51 AM delete

Coba direstart laptopnya...

Reply
avatar
Anonymous
December 14, 2016 at 10:07 AM delete

Gan kok punya saya.sudah log out tapi pas mau di buka komputernya malah masukin sandi lagi tolong di jelasin gan terima kasih

Reply
avatar
December 29, 2016 at 11:11 AM delete

kasus saya sama kaya agan fahri...udah direstrt beberpa kali juga

gan ane udah buat akun microsoft trus mau ganti ke akun microsoft nih tapi pas ane klik Sign in with a local account instead. itu kursor cuma muter doang klo ane geser malah ga muter lagi kenapa ya, padahal WiFi connected sambil streaming lagi
tolong penjelasan nya gan

Reply
avatar
January 27, 2017 at 10:28 AM delete

Assalamu'alaikum om..
Bagaimana jika saat "Sign in with a local account instead." dengan jadi akun Administrators aja. karena kalo paki akun lokal susah utak atik pengaturan. udah sya coba belum bisa. Mohon bantuannya.

Reply
avatar
Anonymous
May 26, 2017 at 2:23 PM delete

Terima kasih banyak :) membantu sekali informasinya

Reply
avatar
Anonymous
March 16, 2020 at 5:45 PM delete

ka, apakah kalau kita ganti account, data seperti file foto, vidio, dan document, akan hilang, dan hanya ada di account satunya lagi?

Reply
avatar
June 30, 2021 at 3:32 AM delete

kak aku mau nanya, kok pas aku mau ubah ke akun lokal malah disuruh masukin pin ya kak? aku gatau dan ga merasa masukin pin apa", plis gimana caranya ubah dr akun micro ke akun lokal:((((

Reply
avatar