Cara Mengganti Lcd Toshiba NB200 NB205 NB250 NB255


TAKTIKTOP.com - Artikel ini merupakan sesi terakhir dari rangkaian tutorial Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255. Pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana caranya mengganti keyboard dan membongkar serta membersihkan fan Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255.

Pada artikel kali ini yang akan menjadi pokok pembahasan adalah tentang bagaimana caranya melepas dan dilanjutkan dengan memasang lcd pengganti pada Toshina NB200, NB205, NB250, dan NB255. Keempat seri ini cara bongkar-pasangnya memang sama karena dimensi dan bentuk badannya sama persis.

Bagi yang baru pertama kali melakukan atau masih coba-coba melakukan bongkar-pasang hardware laptop, ada baiknyak untuk membaca artikel dibawah ini lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran dan pemasangan.


Toshiba NB200
Untuk cara mengganti lcd pada Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Melepas Baterai
Seperti biasa, yang dilakukan untuk mengawali proses bongkar dan pasang hardware pada laptop apapun adalah dengan melepas baterainya. Hal ini dimaksudkan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek yang terjadi selama proses pembongkaran dan pemasangan.

Melepas Rubber
Selanjutnya adalah melepas rubber atau karet berbentuk lingkaran yang menutup sekrup pada sudut bawah modul lcd. Untuk mempermudah bisa menggunakan jarum atau sejenisnya. Posisi rubber berada pada bagian yang dilingkari merah.

Melepas Sekrup
Setelah kedua rubber dilepas, maka dapat dijumpai dibalik rubber tersebut terdapat sekrup, yang mana sekrup tersebut adalah sekrup pengunci keyboard dari luar casing. Lepas sekrup yang berada dibalik rubber tadi.

Melepas Lcd Mask
Setelah sekrup dilepas, selanjutnya adalah melepas lcd mask atau bagian casing yang menutup layar lcd dari arah depan. Posisikan jari seperti pada gambar, kemudian tarik keluar lcd mask perlahan hingga terlepas bagian demi bagian. Lakukan langkah tersebut ke sekeliling lcd mask.

Melepas Lcd Mask
Lakukan langkah pada gambar sebelumnya ke sekeliling lcd mask, sehingga lcd mask terlepas seluruhnya. Pada gambar diatas yang belum terlepas tinggal lcd mask yang dibagian bawah, yang bagian kanan, kiri, dan atas telah terlepas seluruhnya.

Melepas Sekrup
Bentuk asli dari panel lcd Toshiba NB200 dan NB205 dapat dilihat pada gambar diatas, dimana lcd mask telah berhasil dilepas seluruhnya.  Selanjutnya adalah melepas sekrup yang berada pada bagian yang dilingkari merah.

Untuk sekrup pada bagian yang dilingkari biru cukup dikendorkan saja, tidak perlu sampai terlepas. Sebab jika sampai terlepas nanti akan sedikit sulit ketika memasang lcd cover, karena sekrup tersebut merupakan sekrup lcd cover.

Melepas Sekrup Samping Lcd
Setelah sekrup pada bagian yang dilingkari biru dikendorkan, tarik maju panel lcd perlahan maka akan terlihat pada bagian samping terdapat sekrup yang mengunci. Lepas seluruh sekrup samping lcd, pada bagian yang ditandai dengan tanda panah merah.

Melepas Kabel Lcd
Setelah sekrup bagian samping lcd dilepas, maka lcd sudah dapat diangkat. Letakkan lebih dulu diatas keyboard kemudian leas kabel lcd-nya yang berada pada bagian dilingkari merah. Untuk melepasnya tinggal ditarik keluar saja dari slotnya.

Lcd Cover Toshiba NB200
Sampai disini berarti proses melepas lcd pada Toshiba NB200 dan NB205 sudah selesai. Selanjutnya bisa dilakukan proses pemasangan pada lcd baru maupun memasang kembali lcd yang lama.

Untuk proses pemasangan caranya tetap sama dengan proses pembongkaran hanya urutan prosesnya dibalik dari yang terakhir menuju yang pertama. Begitu juga dengan tindakan yang dilakukan adalah kebalikan dari saat proses pembongkaran.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
April 20, 2020 at 2:28 AM delete

If you can live without Google on your televisions which most of us can then you should be able to opt in for the cheap LCD TVs that we plan to see in the near future. led tv

Reply
avatar