Cara Masuk Safe Mode di Windows 10


TAKTIKTOP.com - Dalam sistem operasi apapun keberadaan Safe Mode tentu sangat krusial. Safe mode sangat diperlukan ketika kondisi laptop maupun komputer desktop sedang mengalami troble atau masalah. Dengan masuk ke safe mode maka diagnosa akan semakin mudah dilakukan.

Ketika masuk safe mode, maka sistem akan menonaktifkan semua driver yang terinstall pada sistem dan sistem akan berjalan dengan mode dan driver standar. Sehingga aplikasi yang dibuka pun jadi sangat terbatas. Ini sangat membantu sekali untuk diagnosa kerusakan yang terjadi, apakah pada software, apakah pada hardware.

Pada sistem operasi Windows 7, untuk masuk safe mode caranya sangat mudah, ketika komputer / laptop baru dinyalakan dan melewati post screen tinggal menekan tombol F8 saja, pilih safe mode, selanjutnya sistem akan masuk ke safe mode langsung.

Cara tersebut ternyata tidak dapat diterapkan pada sistem operasi Windows 10, langkah yang dilakukan untuk masuk safe mode sedikit berbeda jika dibandingkan dengan sistem operasi sebelumnya. Ada beberapa cara untuk masuk safe mode pada Windows 10 diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Melalui System Configuration

Alternatif Start Menu
Masuk ke System Configuration
Klik kanan pada tombol Start, kemudian pilih Run untuk memunculkan kotak dialog run. Setelah kotak dialog Run muncul ketikkan msconfig kemudian tekan Enter atau bisa juga klik tombol Ok untuk masuk ke System Configuration.

Boot Configuration
Setelah jendela System configuration muncul, pindah ke tab Boot, pada gambar diatas tab boot adalah yang dikotak merah. Kemudian beri tanda cek (centang) pada opsi Safe boot kemudian klik ok. Dengan begitu ketika komputer restart akan langsung otomatis masuk ke safe mode.

Catatan:
Apabila menggunakan cara ini, ketika sudah masuk safe mode, lakukan langkah yang sama seperti diatas tetapi untuk menghilankan tanda centang pada opsi Safe boot. Apabila tanda centang tidak dihilangkan maka tiap kali restart komputer akan masuk ke safe mode, baru bisa masuk mode normal setelah tanda centang pada opsi safe boot dihilangkan.

2. Menggunakan Tombol Shift

Menekan Tombol Shift + Klik Restart
Cara yang kedua ini lebih simpel, yaitu ketika akan restart komputer, tahan tombol Shift bersamaan dengan klik Restart. Jika menggunakan cara ini, ketika komputer restart selanjutnya akan ditampilkan menu Boot option seperti pada gambar berikut ini:
Pilih Opsi Troubleshoot
ketika muncul tampilan seperti diatas, pilih opsi Troubleshoot, kemudian akan muncul tampilan seperti pada gambar berikut:
Opsi Troubleshoot
Setelah muncul tampilan diatas pilih pada opsi Advance options.


Advance Options
Startup Setting
Pada tampilan jendela Advance Options pilih opsi Startup Setting. Kemudian pada jendela startup setting yang muncul klik tombol Restart yang dikotak merah pada gambar diatas. Selanjutnya sistem akan restart secara otomatis.

Mengaktifkan Safe Mode
Setelah sistem selesai restart maka akan muncul pilihan seperti pada gambar diatas. Untuk masuk ke safe mode tekan angka 4 selanjutnya sistem akan langsung masuk ke safe mode.

Apabila menggunakan cara ini, setelah masuk ke safe mode, untuk kembali ke mode normal cukup restart sistem seperti biasa saja. Pada restart selanjutnya sistem secara otomatis akan langsung masuk ke mode normal.

Safe Mode Windows 10








Share this

Related Posts

Previous
Next Post »