Cara Remote Desktop Komputer Lain Dengan Mudah


TAKTIKTOP.com - Pembaca semua tentu tahu remote tv kan ya? Apa fungsinya? Yaitu buat mengendalikan televisi dari jarak jauh. Begitu juga dengan istilah remote desktop computer yang berarti mengendalikan desktop komputer lain dari jarak jauh.

Lo emang bisa? Bisa sekali! Misalkan kamu punya komputer dirumah, sambil ditinggal kerja kan sayang kalau komputer itu nganggur tidak ada aktifitas sama sekali, karena itu bisa dikendalikan dari jarak jauh untuk melakukan download atau apapun sesuai dengan kebutuhan.

Syarat utama daripada mengendalikan desktop komputer dari jarak jauh adalah kedua komputer terhubung melalui internet. Jika komputer di rumah sudah berlangganan internet seperti speedy atau yang lainnya, dan komputer dalam keadaan hidup dan online maka komputer berarti siap diremote.

Untuk melakukan remote desktop komputer dari jarak yang jauh atau tidak berada dalam satu jaringan lokal, selain syarat-syarat diatas yang perlu dilakukan adalah menginstall software remote desktop, dalam artikel ini yang akan digunakan adalah Teamviewer.

Sebenarnya ada banyak software untuk remote desktop, tapi yang paling enak digunakan dan paling user friendly adalah Teamviewer. Buat yang belum menginstall atapun belum punya software ini bisa didownload secara gratis pada situs resmi Teamviewer atau bisa klik disini untuk menuju ke laman download resmi Teamviewer.

Instalasi software ini harus dilakukan diseluruh komputer yang akan dilakukan atau melakukan remote. Untuk remote desktop supaya tidak harus selalu mengisikan username atau password komputer tujuan setiap akan remote cara instalasinya adalah sebagai berikut:

Instalasi Temviewer
Tentu yang pertama dilakukan sebelum software bisa dijalankan adalah diinstall lebih dulu. Jika download sudah selesai dobel klik pada file yang didownload tadi, maka instalasi akan berjalan.

Ketika sudah muncul tampilan pada gambar diatas, pada pertanyaan How do you want to proceed? pilih opsi  Installation to access this computer remotely. Kemudian pada pertanyaan dibawahnya pilih personal / non commercial use.

Dipilih mode Installation to access this computer remotely supaya nanti bisa remote komputer lain tanpa selalu memasukkan password dan username. Perangkat yang akan diremote nantinya disinkronisasi pada akun teamviewer dan akan muncul pada list yang online.

Setup Unattended Access
Setelah instalasi selesai maka akan tampil jendela seperti diatas, yaitu untuk konfigurasi remote pada komputer yang diinstall software tersebut.

Mengisikan Username dan Password
Selanjutnya isikan username dan password untuk mengakses komputer yang sedang diinstall Teamviewer tersebut. Kalau sudah langsung klik Next.

Sinkronisasi Akun Teamviewer
Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan akun teamviewer, jika saat ini sudah mempunyai klik opsi yang ada dikotak merah kemudian isikan username dan password akun Teamviewer kamu. Jika belum punya akun, pilih opsi yang paling atas kemudian isikan form yang dibutuhkan untuk membuat akun baru Teamviewer.

Setup Selesai
Setelah berhasil login ke akun teamviewer maka selesai sudah setupnya. Selanjutnya pada kolom yang disebelah kanan dapat dilihat komputer mana saja yang online, seluruh komputer yang terhubung ke akun teamviewer yang sedang online akan muncul disana.

Remote Desktop Komputer Lain
Untuk melakukan remote tinggal dobel klik pada salah satu komputer itu saja. Selanjutnya tunggu proses untuk menyambungkan, jika proses sudah selesai maka akan langsung muncul desktop komputer lain di komputer kamu. Selanjutnya terserah mau disuruh apa saja itu komputer.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »