Cara Mengambil Screenshot Secara Instan di Windows


TAKTIKTOP.com - Menangkap tampilan yang ada pada layar kemudian disimpan ke dalam bentuk file atau yang sering disebut dengan screenshot saat ini sudah sangat umum digunakan, entah itu hanya untuk keperluan iseng saja atau memang menjadi kebutuhan sehari-hari.

Sebagaimana telah diketahui bersama bahwa di dalam keyboard laptop maupun komputer desktop terdapat satu tombol yang berfungsi untuk menangkap tampilan layar yang saat itu sedang ditampilkan, yaitu tombol PRTSC yang merupakan singkatan dari Print Screen.

Memang saat ini cara yang paling populer untuk screenshot adalah dengan menekan tombol PRTSC kemudian membuka aplikasi Paint bawaan Windows, kemudian pada jendela aplikasi Paint tersebut menekan CTRL+V atau klik kanan Paste, sehingga tampilan yang ditangkap muncul disana untuk selanjutnya disimpan menjadi file gambar.

Untuk pengambilan satu atau dua screenshot saja mungkin cara tersebut bisa dilakukan. Tetapi bagaimana dengan mereka yang harus mengambil banyak screenshot dalam satu sesi pekerjaan saja? Tentu mengambil screenshot dengan cara biasa yang seperti itu akan sangat merepotkan.

Bagaimana tidak merepotkan, karena screenshot dengan cara seperti itu berarti sama saja dengan melakukan dua pekerjaan sekaligus, yang pertama menangkap tampilan layar itu sendiri, yang kedua harus menempelkan tangkapan layar tadi pada aplikasi Paint.

Bagi yang pengambilan screenshot merupakan bagian dari pekerjaan mereka, ada cara yang jauh lebih praktis, dimana cukup menekan tombol maka layar yang ditangkap sudah otomatis langsung tersimpan menjadi file gambar.

Yang perlu dilakukan hanya menginstall aplikasi gratisan yang bernama Lighshot maka proses pengambilan screenshot bisa berubah menjadi sangat praktis. Bagi yang belum mempunya aplikasi lightshot bisa download di situs resminya atau klik disini untuk langsung menuju halaman download.

Lightshot
Lightshot Aktif
Setelah aplikasi lightshot ini terinstall, maka pada deretan startup programs yang berada pada pojok kanan bawah desktop Windows akan muncul icon Lighshot. Jika icon itu sudah ada disana berarti Lightshot sudah aktif dan sudah dapat digunakan untuk menangkap tampilan layar.

Sektoral Capture
Secara default, untuk menangkap tampilan layar tetap menggunakan tombol PRTSC. Jika langsung menekan tombol PRTSC maka screenshot akan menjadi sektoral, sektor area mana yang akan ditangkap, tinggal dipilih pakai mouse sambil digeser, kemudian pilih icon disket untuk langsung menyimpannya menjadi file gambar.

Jika yang akan diambil adalah tampilan layar utuh sepenuhnya maka cukup tekan tombol Shift+PRTSC maka tampilan layar seutuhnya sudah langsung ditangkap dan langsung otomatis tersimpan di Documents/Lightshot.

Tombol yang digunakan untuk menangkap tampilan sektoral maupun layar penuh seutuhnya dapat diganti sesuai dengan keinginan melalui menu pengaturan Lightshot yang dapat diakses dengan cara klik kanan pada icon Lightshot - Option - Hotkey. Nah disana bisa diganti tombol apa yang akan digunakan untuk menangkap tampilan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »