Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite L50 L50-B


TAKTIKTOP.com - Satu lagi laptop berbadab besar yang ditelurkan oleh Toshiba pada kuartal pertama 2015, setelah sebelumnya dilabeli dengan Satellite C50, maka kali ini dilabeli dengan Satellite L50, untuk yang versi AMD dilabeli dengan Satellite L50-B.
Dari segi spesifikasi laptop ini lebih tinggi jika dibandingkan dengan laptop berbadan besar pula yang notabene adalah adiknya, Satellite C50. Hardisk bawaan pada L50 sudah menggunakan 1 TB dengan prosesor Intel Core i5, dan ram 4 GB.

Sama-sama berbadan besar, namun memiliki spesifikasi yang lebih tinggi. Ternyata bukan hanya spesifikasinya saja yang lebih tinggi. Tingkat kerumitan untuk membongkarnya khususnya sekedar untuk mengganti keyboard saja juga lebih tinggi.

Meskipun lebih rumit bukan berarti tidak bisa. asalkan mau mencoba serumit apapun tidak akan menjadi masalah apalagi sudah ada tutorial pendukungnya. Yuk langsung kita coba bongkar laptop berbadan besar ini, dalam artikel ini yang akan menjadi titik fokus adalah melepas fan dan motherboard lebih dulu.

Toshiba L50-B
Melepas Baterai
Mengawali proses pembongkaran ini, yang pertama kali dilepas adalah baterai-nya. Untuk melepas baterai lepas dulu sekrup penguncinya yang dilingkari merah. Kemudian tinggal tarik keluar saja baterainya.

Melepas Odd
Selanjutnya adalah melepas Odd atau Optical Disc Drive. Lepas sekrup penguncinya yang berada pada lingkaran merah, kemudian untuk melepas odd tinggal ditarik keluar saja. Asal sekrup udah dilepas maka odd bisa dengan sangat mudah ditarik keluar.

Melepas Sekrup Base Assy
Setelah odd berhasil ditarik keluar, selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang berada pada casing bagian bawah atau base assy. Seluruh sekrup tersebut berada pada posisi yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Base Assy
Setelah seluruh sekrup yang berada pada base assy dilepas, selanjutnya adalah melepas base assy itu sendiri. Posisikan tangan seperti pada gambar, yaitu dimasukkan ke dalam lubang odd kemudian angkat base assy ke atas secara perlahan. Apabila terdapat bagian yang sulit terlepas, ketika mengangkat sambil digoyang ke kanan dan ke kiri.

Melepas Hardisk dan Ram
Penampakan bagian dalam Toshiba L50-B ditunjukkan pada gambar diatas, yaitu setelah base Assy berhasil diangkat. Selanjutnya adalah melepas ram dan hardisk. Hardisk berada pada bagian yang dikotak merah bagian atas, sedangkan ram yang dikotak merah bagian bawah.

Untuk melepas hardisk, keluarkan karet yang mengganjal hardisk pada bagian belakang, kemudian tarik mundur hardisk sambil diserongkan ke atas. Sedangkan untuk melepas ram caranya geser pin penguncinya keluar maka ram akan terlepas dan bisa dicabut.

Melepas Fan
Sebelum melepas fan, untuk mempermudah dalam melepasnya nanti, lepas dulu kabel-kabel yang dilingkari kuning dari slot-nya. Kabel tersebut adalah kabel powerboard, kabel fan, dan kabel speaker.

Setelah kabel pada lingkaran kuning dilepas semua, sekarang lepas seluruh sekrup fan dan thermal module yang berada pada posisi dilingkari merah. Bagi yang ingin melepas fan saja untuk dibersihkan atau mengganti thermal pasta proses bisa cukup sampai disini saja.

Setelah fan dibersihkan atau menambah thermal pasta bisa kembali dirakit laptopnya dengan membalik urutan menuju proses yang paling pertama.

Apabila yang diiginkan adalah melepas motherboard mari kita lanjut lagi ke proses berikut ini:

Melepas Kabel Yang Tersisa
Masih banyak kabel-kabel yang masih terhubung ke motherboard. Untuk itu sebelum motherboard bisa diangkat, lepas dulu seluruh kabel yang berada pada  posisi dilingkari merah. Kabel-kabel itu merupakan kabel keyboard, kabel touchpad, kabel card reader, kabel usb board, kabel Dc in, kabel webcam, kabel lcd, dan yang berada pada pojok kanan atas adalah kabel led indikator.

Melepas Wlan dan Sekrup Motherboard
Selanjutnya adalah melepas Wlan card beserta kabel antena-nya. Wlan card berada pada posisi yang dikotak merah putus-putus. Lepas kabel antena lebih dulu, kemudian lepas sekrup yang ada disana untuk melepas wlan-nya.

Kemudian dilanjutkan dengan melepas seluruh sekrup pengunci motherboard yang berada pada posisi dilingkari merah. Setelah seluruh sekrup dilepas motherboard sudah bisa diangkat untuk kemudian diproses sesuai dengan kebutuhan.

Motherboard Satellite L50-B

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »