Menghapus Virus Oursurfing.com


TAKTIKTOP.com - Oursurfing.com merupakan virus yang membajak browser internet. Virus ini akan membajak homepage browser dan mengalihkan homepage ke oursurfing.com. Menyebalkan memang, apalagi kalau homepage sudah kita konfigurasi sedemikian rupa.

Virus ini memang tidak terdeteksi oleh antivirus sebagai software berbahaya atau sebagai virus sekalipun. Karena memang terdapat software yang dapat digunakan untuk modifikasi homepage pada browser. Efek samping dari virus ini memang paling terasa pada pengalihan homepage browser.

Virus oursurfing.com bisasanya didapatkan ketika menonton streaming online gratisan atau ketika mengunduh software gratis seperti pdf converter. Memang tidak disadari pengguna karena virus ini diintegrasikan pada software yang didownload, sehingga ketika software yang didownload tersebut diinstall maka virus tersebut juga ikutan terinstall.

Ketika browser sudah terbajak oleh virus ini, maka mengganti manual homepage sesuai yang diinginkan menjadi percuma. Karena ketika browser sudah terinfeksi maka homepage akan selalu mengarah ke oursurfing.com meskipun sudah diganti secara manual.

Jika menginginkan untuk memulihkan kembali browser yang sudah terinfeksi, cara satu-satunya adalah dengan cara menghapus virus oursurfing.com ini. Menghapus browser kemudian menginstall browser kembali tidak akan menyelesaikan permasalahan ini.

Untuk menghapus virus oursurfing.com ini caranya sangat gampang kok, tidak perlu makai mikir, cukup langsung diikuti saja langkah-langkah berikut ini:

1. Menghapus Oursurfing.com dari Sistem
uninstall oursurfing.com
Langkah pertama adalah dengan menguninstall aplikasi oursurfing.com. Untuk itu masuk ke control panel kemudian masuk ke programs dan cari oursurfing.com klik kemudian klik pada uninstall. Jika setelah menghapus diminta merestart komputer diabaikan dulu saja. Restartnya ditunda setelah proses selanjutnya selesai sekalian.

Sekalian hapus program-program yang mencurigakan yang mana tidak pernah dirasa menginstallnya. Contoh program yang mencurigakan pada gambar diatas adalah yang dikotak biru, pengguna tidak merasa pernah menginstall tiba-tiba saja ada disana.

2. Scan sistem menggunakan AdwCleaner
AdwCleaner
Tools yang satu ini memang terkenal ampuh untuk membasi program-program perusak macam oursurfing.com. Jika belum AdwCleaner bisa didownload secara gratis pada situs resminya atau bisa juga dengan klik disini saja untuk langsung menuju ke halaman download.

Setelah file didownload segera buka file tersebut dengan cara seperti biasa yaitu dobel klik pada file tersebut. Tampilan utama program AdwCleaner adalah seperti pada gambar diatas. Tenang saja untuk download, karena ukuran file-nya kecil kok, hanya beberapa MB saja.

Scan Sistem via AdwCleaner
Setelah program AdwCleaner dibuka, simpel saja untuk mengoperasikannya tinggal klik tombol Scan atau yang dikotak merah pada gambar diatas. Selanjut scan akan berjalan secara otomatis dan tinggal ditunggu saja hasilnya.

Virus Terdeteksi
Pada gambar diatas sudah terdapat virus yang terdeteksi, dalam contoh kasus pada gambar diatas hanya satu file saja yang terdeteksi, dalam kasus lain bisa tiga file atau bahkan lebih. Setelah scan selesai bisa langsung klik tombol cleaning.

Konfirmasi Restart
Log AdwCleaner
Setelah proses pembersihan maka akan muncul jendela konfirmasi untuk restart, klik tombol OK supaya sistem restart. Setelah restart selesai, begitu masuk desktop akan muncul jendela teks yang mana merupakan log dari program AdwCleaner, bisa ditutup langsung saja jendela tersebut.

Browser Kembali Sehat
Silahkan cek kembali browser kamu, taraaa...homepage sudah kembali normal seperti biasanya. Apabila terdapat kasus serupa atau yang mirip dengan oursurfing.com cara ini tetap masih bisa diterapkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »