Melepas dan Mengganti Keyboard Toshiba Satellite C50 C50B C55


TAKTIKTOP.com - Toshiba Satellite C50 merupakan laptop berbadan lebar yang mana merupakan salah satu laptop terbaru keluaran Toshiba, yaitu pada akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015. Disebut berbadan lebar karena laptop ini menggunakan bentang layar 15,6 inci. Sehingga badannya pun juga ikut lebar.

Pada artikel kali ini akan dicoba untuk melepas dan mengganti keyboard pada Toshiba seri C50, yang mana cara ini juga dapat dilakukan pada keluarga Toshiba Satellite C50 diantaranya adalah, Satellite C50, C50B dan C55.

Untuk sekedar melepas dan mengganti keyboard pada Toshiba C50 ternyata sedikit lebih rumit dari pada seri-seri yang lainnya, karena untuk melepas keyboard saja harus melalui proses pembongkaran badan utama laptop. Tapi asal mau mencoba tentunya tidak ada yang sulit apalagi didukung dengan tutorial yang detail.

Untuk melepas dan mengganti keyboard Toshiba Satellite C50 caranya adalah sebagai berikut:

Melepas Baterai
Yang wajin dilakukan pertama kali sebelum melakukan proses bongkar pasang hardware apapun pada laptop adalah melepas baterai. Untuk itu lepas sekrup baterai yang dilingkari merah lebih dulu, kemudian tarik keluar baterainya.

Melepas Sekrup Base Assy
Setelah baterai dilepas, lanjut ke langkah selanjutnya yaitu melepas seluruh sekrup yang berada pada base assy atau casing bagian bawah. Lepas seluruh sekrup yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Odd
Selanjutnya adalah melepas Odd, apabila seluruh sekrup pada proses sebelumnya maka langkah ini mudah sekali. Tinggal tarik keluar saja odd tersebut maka akan langsung terlepas.

Melepas Base Assy
Setelah seluruh sekrup dan odd pada proses sebelumnya dilepas, sekarang saatnya mengangkat base assy atau casing bagian bawah itu sendiri. Jangan takut, gampang kok!

Posisikan tangan kiri seperti pada gambar, yaitu masukkan pada lubang Odd, kemudian angkat ke atas base assy tersebut secara perlahan tapi pasti. Ketika base assy diangkat satu pertsatu bagian akan terlepas hingga pada akhirnya terlepas seluruhnya.

Melepas Kabel Keyboard dan Sekrup
Gambar diatas menunjukkan bagian dalam laptop setelah base assy berhasil diangkat. Menuju ke proses selanjutnya yaitu melepas kabel dan sekrup keyboard yang mengunci ke motherboard.

Kabel keyboard adalah yang dilingkari merah memanjang, dan sekrup keyboard adalah yang dilingkari merah lebih kecil, satu berada pada motherboard dan satu lagi menjadi satu dengan kipas atau fan.

Memisahkan Kabel Keyboard Dari Perekat
Setelah kabel dilepas dari slotnya di motherboard, keluarkan kabel tersebut dari lubang yang menempel dengannya, kemudian lepaskan dari perekatnya sampai tidak menempel pada perekat tersebut.

Melepas Pengunci Keyboard
Selanjutnya beralih ke bagian atas laptop untuk melepaskan keyboard dari klip penguncinya. Posisi seluruh klip pengunci tersebut berada pada bagian yang ditunjuk dengan tanda panah merah. Gunakan alat bantu pick gitar atau benda pipih sejenisnya seperti pada gambar diatas.

Melepas Keyboard
Setelah keyboard terlepas dari seluruh klip pengunci keyboard, keyboard dapat dengan mudah diangkat seperti pada gambar diatas. Apabila ketika mengangkat keyboard agak susah atau seperti masih ada yang nyangkut, itu berarti kabel keyboard masih ada yang menempel dengan perekatnya tadi.

Keyboard Toshiba Satellite C50 C55
Udah mencoba? Tidak terlalu sulit kan? asal mau mencoba sebenarnya biasa-biasa aja kok. Untuk proses pemasangan keyboard tinggal membalik urutan prosesnya saja dari yang proses yang terakhir menuju proses yang pertama dilakukan.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »