Solusi Jika Lupa Pola kunci Ponsel Android


TAKTIKTOP.com - Ponsel memang ibarat asisten pribadi bagi sang empunya ponsel tersebut. Berbagai macam data selalu disimpan dalam memori ponsel, dari data pekerjaan, bisnis, hingga data-data yang bersifat pribadi pun disimpan semuanya dalam ponsel.

Dengan kondisi memori ponsel yang penuh dengan data-data, pengguna akan berusaha untuk memberikan keamanan pada ponselnya, sehingga orang lain tidak akan bisa dengan mudah mengakses ponsel tersebut.

Salah satu jenis keamanan ponsel yang sangat umum digunakan pada ponsel Android adalah menggunakan pattern lock atau menggunakan kunci pola yang menghubungkan minimal empat titik dengan menggunakan garis.

Permasalahan timbul ketika pengguna lupa pada pola yang sudah dipasangnya untuk keamanan ponsel. Bisanya seperti ini terjadi ketika baru awal-awal memberikan kunci keamanan pola. Bisa juga pola kunci tersebut diganti oleh orang lain yang iseng.

Dalam situasi seperti ini tentu pengguna tidak dapat mengakses seluruh data-data yang ada di ponsel. Tetapi jangan panik karena permasalahn seperti ini sudah ada solusinya. Tetapi memang solusi yang dilakukan ada resikonya, seperti seluruh aplikasi yang terinstall akan terhapus karena solusi yang dilakukan akan melalui proses factory reset.

Setiap ponsel dengan sistem operasi Android hampir bisa dipastikan terdapat Recovery yang sudah ditanam pada ponsel. Melalui recovery itu lah factory reset dilakukan. Untuk masuk recovery pastikan ponsel dalam kondisi mati lebih dulu.

Tombol Power + Volume Turun
Untuk mengakses recovery memang cara setiap tipe dan merk ponsel berbeda-beda, tapi secara garis besar hampir seluruhnya menggunakan kombinasi tombol yang sama untuk masuk ke mode recovery, yaitu dengan menekan tombol power dan volume turun secara bersamaan dari posisi ponsel mati.

Recovery Android
Setelah masuk recovery pastikan untuk memilih wipe data kemudian pilih ok, tunggu proses yang berjalan, setelah selesai bisa langsung reboot ponsel untuk masuk kembali ke mode normal. Proses restart pertama setelah factory reset akan berjalan lebih lama dari biasanya, jadi tunggu dengan sabar.

Setelah proses restart selesai, makan akan diminta untuk memasukkan lagi akun gmail, beserta mengisikan beberapa setting seperti ketika ponsel tersebut baru dibeli. Setelah selesai bisa dilanjutkan dengan menginstall aplikasi-aplikasi yang dibutuhkan.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
January 14, 2016 at 2:35 PM delete

Tips Yang sangat Bagus dan Terimakasih atas Tips Nya den ,sangat membantu ni ,Terimakasih banyak.

Oh ya den Bagaimana Ya solusi android tidak bisa download di playstore " Ane lg ngalami Itu dan ane coba share belum dapet solusinya TERIMAKASIH "

Di tunggu balesannya " Ditunggu Balesannya DI SINi

Reply
avatar