Perbedaan Lcd, Led, Dan Slim Led Pada Laptop


TAKTIKTOP.com - Bagi pengguna laptop maupun gadget lainnya pastinya sudah tidak asing lagi dengan istilah lcd. Semua aktifitas yang dilakukan pada komputer maupun gadget pastinya sudah tidak bisa dipisahkan lagi dari peran lcd karena semua aktifitasnya ditampikan pada lcd.

Akan tetapi tidak semua pengguna laptop mengetahui, lcd panel yang digunakan pada laptop mereka tersebut masuk dalam kategori mana?Apakah lcd atau led atau slim led? Sebenarnya untuk saat ini membedakan diantara ketiganya cukup mudah hanya dengan melihat fisik dari luar.

Pertanyaan tentang lcd yang sering muncul lainnya adalah "Bisakah lcd digunakan untuk mengganti led laptop saya yang rusak?" atau sebaliknya led digunakan untuk mengganti lcd yang rusak? Untuk menjawabnya kita perlu mengetahui dulu jenis-jenis lcd dan perbedaanya berikut ini:

1. Lcd
Lcd Tampak Atas
Lcd Tampak Bawah
Lcd merupakan singkatan dari Liquid Crystal Display. Dari kata liquid pada singkatannya saja sudah bisa dibaca bahwa layar ini megandung cairan. Lcd tersusun dari molekul-molekul bahan kimia cair yang jika disejajarkan pada aliran listrik dapat menghasilkan cahaya.

Secara penampilan fisik, lcd berbentuk tebal, slot kabelnya juga memanjang seperti pada gambar diatas. Disamping itu lcd membutuhkan asupan daya yang lebih besar sehingga sebuah lcd laptop pasti terhubung pada unit inverter. kabel yang dikotak merah pada gambar diatas merupakan kabel inverter.

Inilah salah satu penyebab laptop yang masih mengadopsi lcd sebagai layar rata-rata baterainya tidak dapat bertahan lama, haya sekitar 1-2 jam. Karena lcd memang terkenal boros daya sehingga membutuhkan konsumsi daya yang banyak dari baterai.

Lcd digunakan sejak pertama kali laptop diproduksi hingga sekitar tahun 2008-2009, ketika itu produsen laptop sudah mulai meninggalkan lcd dan mulai beralih ke Led. Led memang lebih bersahabat pada baterai dari pada lcd.

Jika kamu membeli laptop keluaran tahun 2009 ke atas hampir bisa dipastikan layar yang digunakan tidak lagi menggunakan lcd tetapi sudah menggunakan led.

2. Led
Led tampak Atas
Lcd Tampak Bawah
Led merupakan singkatan dari Light Emitting Diode yang berarti komponen elektronik berwujud kecil (dioda) yang dapat memancarkan cahaya. Led dapat memancarkan cahaya yang dapat dilihat dan cahaya yang tidak dapat dilihat seperti infra merah untuk melihat dalam gelap gulita.

Led adalah generasi layar kedua yang digunakan pada laptop setelah lcd. Led memiliki konsumsi daya yang lebih hemat dibandingkan dengan lcd. Itulah mengapa lapto keluaran tahun 2009 ke atas rata-rata sudah mulai hemat baterai.

Secara fisik tidak ada perbedaan yang berarti antara lcd dan led. Keduanya memiliki postur yang sama-sama tebal, hanya pada led kabel inverter sudah tidak ditemukan lagi karena memang led tidak lagi menggunakan inverter.

3. Slim Led
Slim Led Tampak Atas
Slim Led Tampak Bawah
Slim Led sebenarnya masih merupakan keluarga dari led, hanya saja slim led ini merupakan pengembangan dari led versi sebelumnya. Yang membedakan slim led dengan versi led sebelumnya adalah bentuk fisiknya.

Slim led mempunyai bentuk fisik yang jauh lebih tipis dari pada led generasi pertama. Lebarnya tidak sampai setengah dari versi led sebelumnya. Led ini juga jauh lebih hemat konsumsi daya jika dibandingkan dengan led yang pertama.

Slim led ini mulai banyak digunakan pada laptop pada akhir tahun 2013an. Memang sebelumnya sudah ada beberapa laptop yang menggunakan, tapi rata-rata yang menggunakan sebelum itu adalah laptop kelas tinggi yang mempunyai bentuk fisik. Baru pada akhir tahun 2013 slim led digunakan pada laptop kelas menengah dan bawah.

Laptop yang sudah menggunakan slim led ini rata-rata baterainya sangat irit, bahkan bisa bertahan sampai 6 jam lebih, itu karena slim led ini jauh lebih bersahabat dengan baterai jika dibandingkan dengan led apalagi lcd.

Bisakah lcd digunakan pada led atau led digunakan pada lcd?
Nah kembali pada pertanyaan tersebut? Jika melihat dari kinerja dan bentuk fisiknya penggunaan lcd pada led atau sebaliknya tidak dimungkinkan karena lcd membutuhkan asupan daya lewat inverter, sedangkan pada led tidak terdapat inverter.

Bisakah led digunakan pada slim led atau sebaliknya?
Ini pertanyaan kedua yang sering muncul, hal tersebut sepertinya juga tidak memungkinkan karena dari bentuk fisiknya saja keduanya mempunyai ketebalan yang berbeda. Led mempunyai bentuk yang lebih tebal jika dibandingkan slim led, itu berarti led tidak akan muat jika dimasukkan pada casing laptop yang menggunakan led.

Slim led yang berbentuk tipis bisa saja masuk ke casing laptop yang masih menggunakan led, tapi umumnya posisi slot kabel led dan slim led berbeda, sehingga kabel tidak dapat terpasang pada posisi yang seharusnya. Kalaupun bisa dipasang akan ada longgar yang sangat lebar antara casing dan slim led-nya, yang mana itu dapat membuat slim led rentan akan benturan dan goncangan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »