Cara Recovery Windows Original Toshiba


TAKTIKTOP.com - Beberapa produsen laptop menanamkan sistem operasi original ke dalam hardisk laptop mereka. Recovery sistem operasi original yang ditanam pada hardisk tersebut dapat dicadangkan dalam bentuk dvd maupun flashdisk.

Laptop yang sudah disertai dengan sistem operasi original ini memang tidak ada dvd recovery dalam paket pembeliannya, karena memang user sendiri yang melakukan atau membuat recovery sistem original itu sendiri, untuk cara membuat recovery bisa dibaca pada link dibawah ini:
Laptop dengan sistem operasi original bawaan mempunyai lebih banyak keunggulan dari pada sistem operasi original yang dibeli dan diinstall secara terpisah. Antara lain adalah sistem operasi bawaan pasti sudah termasuk driver laptop dan beberapa aplikasi yang berguna.

Jadi ketika melakukan recovery sistem operasi original pada laptop, driver sudah ikut terinstall juga sehingga ketika proses recovery selesai laptop langsung dapat siap digunakan, tidak perlu melakukan instalasi driver hardware lagi, paling cuman butuh menambahkan beberapa aplikasi yang dibutuhkan.

Cara recovery ini dapat digunakan baik yang bawaannya Windows 7 dan 8, hanya untuk Windows 7 tampilannya sedikit berbeda tapi intinya tetap sama saja. Untuk cara recovery sistem operasi original pada laptop Toshiba adalah sebagai berikut:

Pilih Booting Dari Media Recovery
Ketika laptop baru dinyalakan tekan tombol F12 sehingga sistem akan masuk pada Boot menu. Kemudian masukkan dvd recovery dan pilih sistem akan melakukan proses booting dari mana. Karena pada contoh ini menggunakan dvd eksternal maka akan dipilih USB. Jika menggunakan dvd  internal laptop pilih Odd.

Booting Media Recovery
Setelah memilih booting dari media yang digunakan untuk recovery, maka sistem akan memulai proses recovery dengan tampilan seperti diatas. Ketika muncuk tampilan seperti diatas pilih TOSHIBA Recovery Wizard kemudian klik tombol Next.

Peringatan Sebelum Recovery
Kemudian muncul peringatan seperti pada gambar diatas. Sesuai dengan isi peringatan tersebut, proses recovery akan menghapus seluruh data dan peringatan untuk menghubungkan laptop ke kabel charger, proses recovery akan berlangsung lumayan lama jadi sambungkan laptop sambil dicharge.

Recovery Factory Default Software
Media recovery bukan hanya dapat digunakan untuk recovery sistem original saja, tapi juga dapat digunakan untuk menghapus seluruh isi hardisk seperti pada pilihkan kedua pada gambar diatas, yaitu Erase the Hardisk.

Dalam proses ini karena pembahasannya adalah untuk recovery sistem operasi original, maka yang dipilih adalah pilihan yang berada diatas, yaitu Recovery of factory default software. Setelah memilih opsi tersebut klik tombol Next.

Peringatan Terakhir
Selanjutnya muncul tampilan seperti pada gambar diatas, yaitu tampilan peringatan terakhir sebelum proses recovery dimulai. Jika masih ada data yang perlu dibackup atau charger belum disambung maka sebaiknya lakukan sekarang. Jika semua sudah aman klik tombol Next.

Proses Recovery Berjalan
Setelah melakukan konfirmasi dengan mengeklik tombol Next pada peringatan terakhir, maka proses recovery langsung berjalan. Yang perlu dilakukan adalah duduk manis dan menunggu saja.

Insert Next Disc
Ketika sistem sudah selesai memroses keping dvd recovery pertama, maka sistem akan otomatis mengeluarkan dvd yang sudah selesai tersebut, selanjutnya tinggal memasukkan keping dvd recovery kedua kemudian klik tombol OK.

Proses Penyalinan File Recovery Selesai
Setelah sistem selesai menyalin seluruh file yang dibutuhkan dari dvd recovery hingga keping terakhir maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Selanjutnya klik tombol Finish selanjutnya sistem akan restart secara otomatis dan dvd recovery sudah tidak dibutuhkan lagi.

License Agreement
Setelah sistem restart tunggu beberapa saat maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas, yaitu form persetujuan perijinan penggunaan dari Toshiba. Berikan tanda centang pada yang ditandai panah merah kemudian pilih Accept.

Dari sini hingga akhir proses adalah tahap finishing recovery, yang tujuan utamanya adalah melengkapi identitas penggunaan Windows. Intinya proses recovery sudah selesai tinggal melakukan finishing saja.

Mengisi Nama Komputer
Pada kolom yang dikotak merah, isikan nama komputer, bisa diisi apa saja yang diinginkan. Bisa juga mengatur warna tema pada deretan warna yang ada diatas kolom pengisian nama tersebut. Setelah fix klik pada tombol Next.

Opsi Untuk Tersambung ke Internet
Tampilan selanjutnya yang muncul adalah seperti pada gambar diatas, yaitu opsi untuk tersambung ke internet, jika ingin langsung tersambung ke internet Windows bisa langsung diaktifkan, jika ingin tersambung lain waktu bisa pilih Connect to a wireless network later yang dikotak merah.

Pengaturan Tahap Akhir
Ketika muncul tampilan seperti pada gambar diatas, jika tak ingin repot-repot melakukan konfigurasi yang lain-lain lagi, bisa langsung klik pada tombol Use express settings.

Mengisikan Username
Setelah itu muncul tampilan untuk mengisikan username untuk sistem operasi, isikan apa saja sesuai keinginan tetapi tidak boleh sama dengan yang diisikan tadi untuk nama komputer. Jika ingin menggunakan password untuk login Windows bisa langsung diisikan disini.

Sistem Operasi Siap Digunakan
Selesai sudah proses recovery secara tuntas, selanjutnya sistem sudah bisa digunakan secara normal. Driver hardware sudah seluruhnya secara otomatis terinstall bersama dengan proses recovery. Selanjutnya tinggal menambahkan software yang diperlukan saja.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

6 comments

Write comments
January 25, 2016 at 11:20 AM delete

sangat membantu boss thanks ea gd luck 4 u

Reply
avatar
January 25, 2016 at 11:20 AM delete

sangat membantu boss thanks ea gd luck 4 u

Reply
avatar
February 27, 2016 at 6:36 AM delete

Mau tanya mas....saya punya masalah saat direcovery untuk system orginalnya pd disc yg 1 eror mas setelah itu sy ingin memastikan apakah partisi yg lain aman? ternyata sdh tdk ada? Solusinya bgmana ya?

Reply
avatar
June 27, 2016 at 12:05 PM delete

Mas mau nanya gmna caranya kita tau sdh ad cd originalnya dtanamkan di lptop ?

Reply
avatar
June 27, 2016 at 1:15 PM delete

kalo laptop itu sudah ada terinstall windows original sejak bawaan pasti ada mbak

Reply
avatar