Mengganti Lcd Toshiba Portege T210 T215


TAKTIKTOP.com - Dalam artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana cara melepas dan mengganti keyboard pada Toshiba Portege T210 dan T215, maka pada artikel kali ini yang akan dipelajari adalah bagaimana cara melepas lcd pada Toshiba Portege T210 dan T215.


Dalam artikel sebelumnya sudah dibahas bahwa portege T210 dan T215 adalah dua seri yang identik, yang membedakan hanya spesifikasi dan area pemasarannya saja, untuk bentuk body dan dimensi keduanya mirip, sehingga cara membongkarnya pun juga sama.

Untuk melepas dan mengganti lcd pada Toshiba Portege T210 dan T215 prosesnya adalah sebagai berikut:
Melepas Rubber
Pada sudut kanan dan kiri bawah modul lcd terdapat karet berbentuk lingkaran (rubber), untuk mengawali proses mengganti lcd lepas rubber tersebut, kalau masih kurang jelas posisi rubber pada lingkarang merah gambar diatas. Untuk kemudahan gunakan alat bantu jarum.

Melepas Sekrup
Setelah ruber terlepas, dapat dijumpai dibalik rubber tersebut terdapat sekrup. Lepas sekrup tersebut pada posisi dibalik masing-masing rubber. Sekrup tersebut adalah sekrup yang mengunci lcd panel dari arah luar casing.

Melepas Lcd Mask
Setelah rubber dan sekrup terlepas, sekarang saatnya melepas lcd mask ata casing yang menutup panel lcd dari arah depan. Untuk melepas lcd mask posisikan jari-jari seperti pada gambar, dimulai dari bagian bawah camera.

Melepas Lcd Mask
Dengan posisi jari-jari seperti pada gambar sebelumnya, tarik keluar lcd mask perlahan hingga terlepas bagian demi bagian. Lakukan langkah tersebut ke sekeliling lcd mask hingga seluruh bagian terlepas kecuali bagian yang menutup engsel.

Melepas Lcd Mask Penutup Engsel
Setelah seluruh bagian lcd mask terlepas, lcd mask belum dapat diangkat karena bagian engsel masih tersangkut. Untuk melepasnya gunakan alat bantu obeng minus, selipkan dari satu sisi hingga tembus disisi satunya kemudian ungkit ke atas. Lakukan juga pada penutup engsel yang satunya.

Melepas Sekrup dan Kabel
Gambar diatas menunjukkan bahwa lcd mask telah terlepas. Selanjutnya adalah melepas sekrup yang berada pada posisi dilingkari merah, dilanjutkan dengan mengendorkan sekrup yang berada pada posisi dilingkari biru, yang di lingkaran biru cukup dikendorkan saja tidak perlu sampai terlepas.

Setelah sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah dilepas, dan sekrup yang berada pada posisi dilingkari biru dikendorkan, lepas kabel camera yang berada pada posisi lingkaran kuning, untuk melepasnya tinggal ditarik keluar saja.

Melepas Sekrup Samping
Tarik maju perlahan lcd panel, maka dapat dilihat ada sekrup yang mengunci dari sisi samping lcd panel. Lepas sekrup samping tersebut. Posisi keseluruhan sekrup pengunci samping adalah pada posisi yang ditunjuk dengan tanda panah merah.

Melepas Kabel Lcd
Setelah sekrup samping lcd dilepas seluruhnya, lcd panel dapat diangkat, letakkan dulu diatas keyboard seperti pada gambar diatas, kemudian lepas kabel lcd-nya. Lepas dulu perekat yang ada dikabel, kemudian lepas ujung kabel dari slot-nya dilcd dengan menarik keluar dari slot tersebut.

Lcd Berhasil Dilepas
Gambar diatas menunjukkan bahwa lcd panel telah berhasil dilepas, selanjutnya tinggal memasang kembali lcd, caranya tetap sama seperti pada saat proses melepas, hanya tinggal membalik saja urutan prosesnya dari yang terakhir menuju yang pertama.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut ini:


Bersambung ke artikel: Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Portege T210 dan T215

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »