Hardware Laptop Yang Dapat Digunakan Pada Laptop Lain


TAKTIKTOP.com - Kerusakan pada laptop memang bisa terjadi kapan saja. Bisa terjadi karena memang kesalahan penggunaan seperti jatuh atau terinjak, bisa juga terjadi karena sebab yang tidak diketahui penggunanya, seperti sejam yang lalu masih normal tiba-tiba saat akan dipakai lagi tidak bisa hidup.

Beberapa kerusakan yang terjadi memang mewajibkan si pengguna untuk melakukan penggantian hardware, dan tidak sedikit harga hardware pada laptop yang harganya sangat mahal. Pada kondisi seperti itu pastinya dalam perasaan was-was bercampur penasaran ingin tahu penyebab kerusakan.

Tidak seluruh kerusakan laptop kamu harus mencari solusinya di service center resmi masing-masing laptop. Karena beberapa hardware atau komponen penyusun laptop ada yang bersifat universal, itu artinya hampir semua laptop menggunakan hardware yang sama.

Hardware yang bersifat universal ini berarti dapat dipasang pada laptop yang lain meskipun berbeda merk dan seri. Pada umumnya hardware yang bersifat universal ini mudah untuk dibeli dipasaran, bisa dipasang sendiri dan tentunya jauh lebih murah dari pada harga di service center resmi.

Beberapa hardware yang dapat digunakan pada laptop lain tanpa perlu ngotak-ngatik adalah sebagai berikut:

1. Hardisk
Hardisk
Bagi yang hardisknya sudah mengalami bad sector, mau tidak mau pasti harus mengganti hardisk kan? Jangan khawatir, untuk sekedar mengganti hardisk kamu tidak harus mencari solusinya di service center.

Hardisk bisa dibeli pada toko-toko komputer, tinggal pilih saja kapasitas yang diinginkan dan tentunya dengan harga yang jauh lebih murah jika dibandingkan dengan harga di service center resmi. Hardisk yang baru dibeli harus diinstall sistem operasi dulu baru dapat digunakan.

Hardisk pada semua laptop mempunyai bentuk dan ukuran yang sama. Akhir-akhir ini banyak laptop yang menggunakan hardisk yang lebih tipis. Tetapi hardisk yang slim tetap dapat digunakan pada laptop yang menggunakan hardisk yang berukuran lama.

2. Ram
Ram/Memory
Hardware yang satu ini juga sangat mudah ditemukan di toko-toko yang menjual peripheral komputer. Jadi kalau cuman mau ganti atau upgrade ram kamu bisa bebas lakukan dimana saja, bisa pilih merk dan kapasitas sesuai yang diinginkan.

Ram dapat digunakan dari satu laptop ke laptop yang lain, tinggal dipasang saja karena seluruh slot memory pada laptop mempunyai ukuran yang sama. Asalkan ram tersebut masih dalam satu generasi pasti bisa dipakai, misalkan memory ddr 3 bisa digunakan pada laptop yang menggunakan ddr 3 lainnya.

3. Lcd
Lcd
Layar pada laptop ternyata juga bersifat universal. Laptop dengan merk A belum tentu menggunakan lcd merk A. Bahkan rata-rata laptop tidak menggunakan layar dari hasil produksi brand mereka sendiri.

lcd laptop juga sangat mudah ditemukan di toko-toko sparepart komputer, asalkan masih dalam satu generasi kemungkinan besar dapat menggunakan lcd yang dijumpai dipasaran. Masih dalam satu generasi dalam artian kalau lcd berarti memakai lcd, led menggunakan led yang lain, dan slim led menggunakan slim led yang lain.

4. Prosesor
Prosesor
Hardware yang satu ini memang sangat sulit ditemuikan dipasaran, kalaupun ada yang jual pasti prosesor bekas. Meskipun begitu prosesor ini bersifat universal, dapat digunakan pada brand dan seri laptop lain dengan syarat masih dalam satu soket yang sama.

Tetapi mulai pada akhir tahun 2014 dan awal tahun 2015 hampir seluruh prosesor pada laptop menggunakan sistem intregrated atau prosesor yang ditanam ke dalam motherboard. Itu berarti untuk melepas prosesor menjadi sangat sulit, tidak seperti laptop yang dahulu dapat dilepas-pasang sesuai kebutuhan.

Itulah hardware yang bersifat universal, dapat digunakan dari satu laptop ke laptop yang lain. Adapun hardware seperti keyboard, baterai, dan kabel-kabel hanya dapat digunakan pada laptop lain dengan merk dan seri yang sama, karena harus menyesuaikan bentuk fisik dari laptop tersebut.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »