Baterai Silang? Jangan Langsung Beli Baterai Baru, Coba Ini Dulu!


TAKTIKTOP.com - Laptop yang sudah berumur dua sampai tiga tahun biasanya sudah mengalami penurunan kinerja. Sudah mulai terasa lambat, sangat mungkin terjadi error disana-sini dan khusunya baterai, daya tahannya sudah jauh berkurang, tidak seperti saat tahun awal pembelian laptop.

Baterai yang sudah memasuki masa uzur atau kinerjanya sudah dibawah rata-rata biasanya ditunjukkan dengan adanya tanda silang pada icon baterai disertai notifikasi Consider replacing battery. Contoh baterai yang disilang seperti pada gambar diatas.

Kasus baterai silang sebagian besar terjadi di sistem operasi Windows 7. Dimana sebenarnya ini adalah salah satu fitur dari Windows 7 untuk menunjukkan bahwa baterai yang digunakan sudah tidak layak dan sudah saatnya untuk melakukan penggantian baterai.

Tetapi dalam prakteknya ternyata banyak ditemukan kesalahan, tidak jarang baterai yang umurnya masih sangat muda, belum ada setahun, bahkan baru beli dan dipakai beberapa hari sudah muncul tanda silang disertai notifikasi Consider replacing battery pada icon baterainya.

Baterai Silang Pada Windows 10
Pada sistem operasi Windows XP, Windows 8, dan Windows 10 sekalipun kasus baterai silang sangat jarang ditemukan. Kalaupun ada itupun berarti baterai yang digunakan sudah benar-benar perlu diganti. Berbeda dengan kasus baterai silang pada Windows 7 yang banyak menemui kesalahan.

Jika kamu pengguna Windows 7 dan menemukan icon baterai disilang, jangan langsung beli baterai baru, coba dulu langkah-langkah berikut ini. Jika memang baterai masih belum saatnya diganti misal masih bisa bertahan 1 jam lebih, maka tanda silang tersebut akan hilang. Lagi pula harga baterai laptop tidaklah murah, yang original service center bisa mendekati 1 jutaan.

Langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Full Charge Baterai Laptop
Full Charging
Masuk ke mode desktop normal seperti biasanya, kemudian lakukan pengisian baterai hingga full 100%. Ingat ya, harus benar-benar dicharge sampai full 100% tidak boleh kurang. Sambil menunggu baterai dicharge hingga full, laptop bisa digunakan seperti biasanya.

2. Masuk Safe Mode
Safe Mode Windows 7
Setelah baterai sudah dalam kondisi full charge, dalam kondisi laptop masih dicharge restart sistem kemudian masuk ke safe mode. Ada yang belum tau cara masuk ke safe mode?

Untuk Windows 7 tekan F8 ketika tampilan pertama saat laptop dinyalakan sudah hilang, kemudian pilih safe mode. Untuk masuk safe mode pada Windows 8 dan 8.1 bisa klik disini dan untuk masuk safe mode pada Windows 10 Bisa klik disini.

3. Running Baterai Laptop Hingga Baterai Habis
Setelah masuk pada safe mode dan sudah muncul tampilan seperti pada gambar diatas, cabut kabel charger dari laptop kemudian diamkan saja laptop dalam kondisi seperti itu jangan dioperasikan sama sekali sampai laptop mati sendiri karena baterai habis.

Setelah laptop mati sendiri karena kehabisan baterai, sambungkan kembali charger ke laptop kemudian nyalakan laptop seperti biasa. Setelah masuk ke desktop perhatikan pada icon baterai apakah tanda silangnya hilang atau tidak.

Jika tanda silang hilang berarti operasi sukses. Dan jika tanda silang masih ada, coba ulangi langkah diatas maksimal 3x. Jika sampai tiga kali percobaan dan tanda silangnya masih ada berarti baterai laptop itu memang benar-benar sudah minta diganti. Semoga berhasil :)

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
October 3, 2016 at 1:28 PM delete

Tiket Pesawat Murah Online, dapatkan segera di SELL TIKET Klik disini:
selltiket.com
Booking di SELLTIKET.COM aja!!!
CEPAT,….TEPAT,….DAN HARGA TERJANGKAU!!!

Ingin usaha menjadi agen tiket pesawat??
Yang memiliki potensi penghasilan tanpa batas.
Bergabung segera di agen.selltiket.com

INFO LEBIH LANJUT HUBUNGI :
No handphone :082276603391
PIN : 5364257d

Reply
avatar