Membongkar Dan Membersihkan Fan Toshiba NB200 NB205 NB250 NB255


TAKTIKTOP.com - Masih berkutat dengan laptop mungil keluaran Toshiba, yaitu NB200, NB205, NB250, dan NB255. Pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana caranya melakukan penggantian keyboard pada Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255.

Pada artikel kali ini akan dilanjutkan ke tahap berikutnya yang lebih menarik yaitu membongkar dan dilanjutkan dengan membersihkan fan pada Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255. Untuk membersihkan fan tentunya laptop harus dibongkar lebih dulu kan ya.

Bagi yang baru mulai belajar atau coba-coba ingin membongkar laptop untuk kepentingan apa saja, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah berikut lebih dulu, supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang nantinya akan digunakan selama proses pembongkaran.


Untuk membongkar Toshiba NB200,NB205, NB250, dan NB255 langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:
Melepas Baterai
Melepas baterai selalu menjadi proses pertama sebelum memulai proses bongkar dan pasang hardware apapun pada laptop. Hal ini dilakukan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek dalam proses pembongkaran.

Melepas Ram dan Hdd Cover
Nah, kalau baterai sudah dilepas mari langsung dimulai proses membongkarnya. Lepas dulu ram dan hdd cover yang pada gambar diatas adalah yang dikotak merah dengan garis putus-putus. Lepas ram cover-nya lebih dulu, baru kemudian hdd cover. 

Untuk melepas hdd cover diperlukan obeng dengan mata berbentuk bintang. Hanya kedua sekrup yang mengunci hdd cover ini saja yang membutuhkan obeng bintang, seterusnya dapat menggunakan obeng plus biasa.

Melepas Ram, Wlan, Dan Hdd
Setelah ram dan hdd cover terlepas maka kita dapat melihat isi didalam cover tadi, disana terdapat ram, wlan, dan hardisk. Lepas ketiganya dimulai dari ram, kemudian lanjut ke hardisk, dan terakhir adalah wlan.

Sebelum melepas wlan, lepas lebih dulu antena wlan yang masih tersambung pada perangkat tersebut. Tinggal ditarik ke atas saja untuk melepas kabelnya, kemudian lepas sekrupnya yang ditandai panah merah, baru kemudian cabut wlan-nya.

Melepas Sekrup
Selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci base assy dari bagian bawah. Lepas seluruh sekrup yang berada pada bagian yang ditandai dengan lingkaran merah.

Untuk bagian yang dilingkari kuning, karena terdapat rubber atau karet yang menutupi sekrup, maka lepas dulu rubber tersebut dengan cara dicongkel menggunakan pinset atau benda tipis lainnya, baru setelah itu lepas sekrup yang berada dibalik rubber tersebut.

Melepas Keyboard Cover
Mulai proses selanjutnya pindah ke bagian atas laptop. Leas ram cover dengan cara menyelipkan obeng minus atau sejenisnya pada bagian yang dilingkari merah, kemudian angkat ke atas. Lakukan langkah yang sama pada sisi satunya sehingga keyboard cover terlepas.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah keyboard cover dilepas maka keyboard sudah dapat diangkat, untuk menangkatnya dari sisi kanan dan kiri, jangan lupa untuk melepas kabel keyboardnya dengan cara mendorong maju kedua pengunci soket pada ujung kanan dan kiri soket keyboard yang dilingkari merah.

Melepas Sekrup dan Kabel
Setelah keyboard berhasil dilepas, selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang berada pada bagian dilingkari merah dan dilanjutkan dengan melepas seluruh kabel pada bagian yang dilingkari kuning yang mana masih tersambung ke motherboard.

Mengeluarkan Kabel Dari Jalur Casing
Setelah seluruh kabel dan sekrup terselepas, perhatikan kabel yang keluar dari lubang engsel sebelah kanan, keluarkan seluruh kabel tersebut dari jalur-jalurnya yang berada pada casing sehingga seperti pada gambar diatas supaya top assy tidak nyangkut nantinya ketika akan dilepas.

Melepas Sekrup Engsel
Selanjutnya adalah melepas sekrup engsel, masing-masing sisi terdapat dua sekrup yaitu dibagian depan dan yang satunya dibagian belakang. Ketika melepas sekrup tersebut usahakan sambil memegangi lcd supaya nanti tidak jatuh ketika seluruh sekrup terlepas.

Melepas Top Assy
Selanjutnya adalah melepas top assy, untuk melepasnya dimulai dari bagian seperti pada gambar diatas. Posisikan jari seperti pada gambar kemudian tarik base assy ke atas, jika seluruh sekrup benar-benar terlepas harusnya bisa terlepas.

Melepas Sekrup dan Kabel
Setelah top assy berhasil dilepas, dapat dilihat bentuk asli dari motherboard Toshiba NB200 dan NB205. Mari dilanjut lagi ke proses melepas motherboard, yaitu dengan melepas sekrup pada lingkaran merah dan melepas kabel yang berada pada lingkaran kuning.

Melepas Motherboard
Motherboard NB200 NB205
Setelah kedua sekrup pada gambar sebelumnya dilepas maka motherboard sudah bisa diangkat, untuk mengangkatnya dimulai dari sudut kanan bawah seperti pada gambar diatas, angkat perlahan ke atas dan pada casing bagian pojok kanan atas agak ditarik keluar supaya port vga out bisa keluar dari lubang.

Melepas Fan
Untuk melepas fan caranya sangat mudah, tinggal lepas saja tiga sekrup pengunci fan yang pada gambar diatas ditandai dengan lingkaran merah. Setelah ketiga sekrup tersebut dilepas fan dapat diangkat dengan mudah.

Sampai disini berarti proses membongkar dan melepas fan sudah selesai. Untuk merakitnya kembali tinggal dibalik saja prosesnya dari yang terakhir menuju pertama, begitu juga dengan tindakan yang dilakukan merupakan kebalikan dari tindakan ketika proses pembongkaran.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:


'

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »