Membongkar Dan Membersihkan Fan Toshiba Ultrabook Satellite U940 U945


TAKTIKTOP.com - Sebuah kesempatan langka mendapat barang langka untuk didokumentasikan, yaitu Toshiba Ultrabook Satellite U940 yang juga saudara kembar dari Ultrabook Satellite U945. Berhubung merupakan kesempatan langka, maka tidak perlu pikir panjang lagi untuk diabadikan.


Ultrabook Satellite seri U merupakan seri premiun dari kasta Satellite, yang mana seri ini merupakan produk yang diluncurkan untuk sasaran kelas atas. Dari segi spesifikasinya pun dibekali dengan prosesor Intel Core i5 dan kartu grafis keluaran Nvidia.

Toshiba Satellite Ultrabook U940
Dari segi penyimpanan ultrabook Satellite U940 juga bisa dibilang gahar, karena dibekali dengan dua buah hardisk, satu hardisk reguler dan satu lagi merupakan SSD berkapasitas 32 GB. Yang mana SSD sangat cocok untuk lokasi instalasi sistem operasi yang akan menjadikan lebih ngebut.

Namun barang mahal juga bukan berarti jaminan bahwa laptop tersebut tidak dapat rusak, contohnya yang saat ini akan dijadikan target pembongkaran. Yuk langsung kita bongkar saja ultrabook U940 yang satu ini.
Melepas Baterai
Jangan lupa untuk melepas baterai lebih dahulu sebelum melakukan proses bongkar-pasang hardware apapun pada laptop, untuk meminimalisir kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek selama proses bongkar dan pasang.

Melepas Ram Cover
Setelah baterai dilepas, langsung lanjut ke inti pembongkaran, untuk mengawalinya lepas dulu ram cover, pada gambar diatas adalah yang dikotak merah. Untuk melepasnya kendorkan sekrup yang ditunjuk tanda panah merah, sekrup hanya bisa dikendorkan tidak bisa dilepas.

Melepas Ram, SSD, dan Wlan
Setelah ram cover dilepas maka dapat dijumpai disana terdapat ram, ssd, dan wlan. Lepas ketiga komponen tersebut, masing-masing dikotak merah pada gambar diatas. Untuk melepas ram geser pin penguncinya keluar sehingga ram dapat terangkat dan tinggal dicabut.

Untuk melepas ssd, lepas kedua sekrup yang ditandai dengan tanda panah merah kemudian cabut ssd keluar. Dan untuk wlan, lepas dulu kabel antenanya, kemudian lepas kedua sekrup dan cabut wlan keluar.

Melepas Hdd Cover
Selanjutnya adalah melepas hardisk cover, yaitu yang dikotak merah pada gambar diatas. Hdd cover adalah casing yang menutup hardisk. Lepaskan dulu tiga buah sekrup yang ditandai merah, kemudian angkat hardisk cover dari sisi sekrup tersebut.

Melepas Hardisk
Setelah hdd cover dilepas maka dapat dilihat disana wujud asli dari hardisk laptop, untuk melepasnya tinggal ditarik mundur saja supaya keluar dari slotnya, jika sudah terlepas dari slotnya maka hardisk dapat dengan mudah diangkat.

Melepas Sekrup dan Kabel
Setelah hardisk dilepas maka selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci badan utama laptop dari arah bawah. Lepas seluruh sekrup yang ditandai dengan lingkaran merah pada gambar diatas.

Setelah seluruh sekrup yang ditandai dengan lingkaran merah pada gambar diatas dilepas, selanjutnya adalah melepas seluruh kabel yang terhubung ke motherboard pada lingkaran kuning. Ada empat buah kabel yang perlu dilepas.

Memisahkan Base Assy
Setelah seluruh sekrup dan kabel terlepas, dilanjutkan dengan melepas base assy. Untuk kemudahan gunakan alat bantu pick gitar atau benda pipih sejenisnya dan selipkan pada sambungan casing dan geser ke sekeliling sambungan base assy dan top assy.

Melepas Side Interface dari Casing
Setelah seluruh bagian dari base assy terlepas dari sambungannya dengan top assy, base assy belum bisa langsung dilepas, karena masih pada bagian yang terkunci pada casingnya, yaitu deretan konektor dan interface yang terletak pada sebelah kanan badan laptop.

Keluarkan dulu deretan konektor yang berada pada sisi samping kanan tersebut dari casingnya, dengan cara casingnya agak ditarik keluar, begitu juga dengan motherboard yang berada pada sisi tersebut ditarik pada arah yang berlawanan supaya keluar dari lubang masing-masing konektor.

Melepas Top Assy
Setelah deretan pada sisi samping kanan tadi sudah keluar dari casingnya, maka proses dapat dilanjutkan pada pelepasan top assy. Proses tidak akan dapat dilanjutkan jika masih ada konektor samping yang masih berada pada lubangnya.

Jika masih ada konektor samping yang berada didalam lubang casingnya maka dilepas dulu, jangan dipaksakan untuk langsung melepas top assy, karena dapat mengakibatkan motherboard pada sisi kanan tersebut menjadi patah.

Untuk melepas top assy, tinggal diangkat saja dari sisi depan seperti pada gambar diatas, akan perlahan hingga sambungan casing yang berada pada barisan belakang akan terlepas sendirinya.

Melepas sekrup dan Kabel
Bagian dalam laptop setelah top assy berhasil dilepas dapat dilihat pada gambar diatas. Penampakan motherboard dan fan pada Toshiba Satellite 940 dan U945.

Setelah top assy berhasil dilepas, selanjutnya adalah melepas sekrup pada motherboard dan fan. Seluruh sekrup tersebut pada posisi yang dilingkari merah. Kemudian dilanjutkan dengan melepas kabel lcd dan kabel fan yang berada pada posisi lingkaran kuning.

Motherboard Toshiba Ultrabook Satellite U940 dan U945
Setelah kabel dan sekrup pada gambar sebelumnya dilepas, maka motherboard dan fan dapat dengan mudah dilepas dan diangkat. Selanjutnya bisa dibersihkan atau untuk keperluan lainnya. Sampai disini berarti proses membongkar Toshiba Ultrabook Satellite U940 sudah selesai.

Untuk merakitnya kembali caranya tetap sama dengan proses membongkar. Hanya urutan prosesnya saja yang dibalik dari yang terakhir menuju yang pertama.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »