Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Portege T210 T215


TAKTIKTOP.com - Pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana caranya melepas keyboard serta menganti lcd pada Toshiba Portege T210 dan T215. Pada artikel kali ini fokus pembahasan akan dilanjutkan pada membongkar dan membersihkan fan Toshiba Portege T210 dan T215.


Dengan bentang layar selebar 12 inci maka laptop ini dimasukkan pada kategori netbook, itu berarti netbook Toshiba dari kasta Portege. Otomatis laptop ini juga tidak terdapat odd karena rata-rata netbook memang tidak terdapat odd internal.

Untuk membongkar dan dilanjutkan dengan membersihkan fan pada Toshiba Portege T210 dan T215 proses yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut:

Melepas Baterai
Yang pertama kali dilakukan adalah melepas baterai, pasti semuanya udah bisa kan kalau cuman melepas baterai. Ini wajib dilakukan setiap kali sebelum memulai proses bongkar-pasang hardware laptop apapun.

Melepas Ram Cover
Selanjutnya adalah melepas ram cover, yaitu casing pembungkus ram yang ditandai dengan garis merah putus-putus. Untuk melepasnya kendorkan sekrup yang berada pada posisi lingkaran merah, kemudian angkat ram cover dari lubang kecil disebelah bawah posisi sekrup.

Melepas Hardisk dan Ram
Setelah ram cover dilepas, selanjutnya adalah melepas ram dan hardisk. Untuk keduanya caranya sangat mudah, untuk melepas ram geser kedua pin penguncinya keluar sehingga ram keluar dari soketnya dan dapat dicabut dengan mudah.

Untuk melepas hardisk, lepaskan lebih dulu kedua sekrup yang menguncinya, yaitu sekrup yang ditunjuk dengan tanda panah merah. Setelah sekrup dilepas tinggal ditarik mundur saja hardisknya dan sudah bisa dilepas.

Melepas Sekrup
Setelah hardisk dan ram dilepas, selanjutnya adalah melepas seluruh sekrup yang mengunci badan utama laptop dari bawah. Untuk itu lepas seluruh sekrup yang beradap pada posisi dilingkari merah. Jangan sampai ada yang terlewatkan.

Melepas Pin Pengunci Keyboard
Selanjutnya adalah melepas pin pengunci keyboard yang ada pada casing bagian bawah baterai. Gunakan alat bantu obeng minus atau semacamnya untuk kemudahan, Dorong maju sambil ditekan ke bawah pin tersebut. Posisi pengunci berada pada lingkaran merah pada gambar diatas.

Mengangkat Keyboard
Setelah seluruh sekrup dibagian bawah dan pin pengunci keyboard dilepas, sekarang saatnya kembali ke bagian atas laptop untuk mengangkat keyboard. Angkat keyboard dari sisi sebelah atas seperti pada gambar diatas. Jika pin sudah terlepas maka keyboard dapat dengan mudah diangkat.

Melepas Kabel Keyboard
Jangan lupa untuk melepas kabel keyboard sebelum keyboard dilepas secara keseluruhan. Buka pengunci slot kabel dengan menggunakan obeng minus atau apapun itu dengan mendorong penguncinya pada dua ujung ke atas. Jika pengunci slot sudah terbuka kabel dapat dengan mudah dilepas.

Melepas Kabel dan Sekrup
Selanjutnya adalah melepas seluruh kabel yang berada pada posisi lingkaran merah. Setelah seluruh kabel terlepad dilanjutkan dengan melepas seluruh sekrup yang berada pada posisi lingkaran biru, ada tiga biji sekrup yang perlu dilepas.

Mengeluarkan Kabel Indikator Led
Selanjutnya, sebelum top assy dilepas terlebih dahulu kabel indikator led, atau yang pada gambar diatas dilingkari merah, harus dilepaskan dulu dari top assy, untuk itu lepas perekatnya kemudian keluarkan dari  lubang kabel yang ditunjuk dengan tanda panah merah.

Melepas Top Assy
Selanjutnya adalah melepas top assy, pada contoh gambar diatas hanya menggunakan kuku jempol untuk memisahkan top assy dengan base assy. Bisa juga menggunakan alat bantu lainnya untuk memudahkan seperti pick gitar. Lakukan langkah tersebut ke sekeliling sambungan.

Melepas Kabel
Gambar diatas menunjukkan bahwa top assy sudah berhasil dilepas dan bagian dalam laptop sudah kelihatan. Selanjutnya adalah melepas seluruh kabel yang masih terhubung ke motherboard, untuk itu lepas seluruh kabel yang berada pada lingkaran merah dan kartu wlan yang berada pada kotak merah.

Melepas Sekrup Motherboard
Setelah seluruh kabel terlepas, sekarang yang dilepas adalah sekrup dari motherboard itu sendiri. Posisi sekrup motherboard berada pada posisi yang dilingkari merah. Setelah seluruh sekrup dilepas motherboard dapat diangkat dari sisi sebelah kanan.

Melepas Kabel Fan
Melepas Sekrup Fan 
Setelah motherboard berhasil dilepas, selanjutnya tinggal memisahkan saja antara motherboard dan fan. Lepas dulu kabel fan seperti pada gambar yang disebelah atas, kemudian dilanjutkan dengan melepas sekrup fan pada lngkaran merah gambar sebelah bawah. Setelah itu fan dapat diangkat dengan mudah.

Sampai disini berarti proses melepas fan pada Toshiba Portege T210 dan T215 sudah selesai, selanjutnya fan dapat dibersihkan atau dapat melakukan keperluan lain pada motherboard, seperti service atau yang lain sebagainya.

Untuk proses merakitnya sebenarnya sama saja dengan proses membongkar, hanya saja urutan proses yang dilakukan dibalik dari proses terakhir menuju yang pertama.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

3 comments

Write comments