Membongkar dan Membersihkan Fan Toshiba Satellite C50 C50B C55

TAKTIKTOP.com - Pada artikel sebelumnya sudah dibahas tentang bagaimana caranya melepas dan mengganti keyboard Toshiba Satellite C50B dan C55. Pada artikel kali ini akan dilanjutkan ke proses selanjutnya yaitu membongkar dan membersihkan fan.

Sebenarnya untuk membongkar dan membersihkan fan pada seri laptop yang satu ini merupakan kelanjutan dari proses melepas keyboard yang sudah dibahas pada artikel sebelumnya. Karena pada Toshiba seri C50 melepas keyboard merupakan satu kesatuan dengan membongkar badan utama laptop.

Dengan kata lain untuk melepas keyboard kemudian dilanjut dengan membersihkan fan masih dalam satu jalur proses. Tetapi dalam artikel ini antara proses melepas keyboard dan membongkar badan utama laptop sengaja dipisah suapaya lebih fokus dan supaya artikelnya tidak terlalu panjang sehingga dapat menurunkan fokus.

Jadi sebelum menuju ke langkah berikutnya, bagi yang baru akan memulai untuk membongkar Toshiba C50-nya untuk membaca dulu artikel dibawah ini, setelah selesai dengan proses pada penggantian keyboard baru bisa dilanjut pada proses yang ada pada artikel ini:


Okey, sekarang diasumsikan kamu telah selesai pada tahap proses penggantian keyboard, nah sekarang akan dilanjutkan ke proses membongkar motherboard dan melepas fan untuk dibersihkan. Caranya adalah sebagai berikut:

Melepas Hardisk dan Kabel
Setelah selesai dengan tahap melepas keyboard, dan keyboard sudah diangkat dari casingnya, dapat dilanjut pada proses ini, yaitu untuk melepas kabel dan beberapa hardware yang tersisa.

Yang pertama dilepas dalam proses ini adalah hardisk, pada gambar diatas adalah yang dikotak merah pada pojok kanan atas. Angkat bagian karet yang mengganjal hardisk pada bagian belakang atau kiri, kemudian cabut hardisk dengan cara mencabut keluar.

Setelah hardisk terlepas, langkah selanjutnya adalah melepas seluruh kabel yang dikotak merah. Apabila terdapat plester atau silotip dilepas aja, tidak masalah. Pada gambar diatas ada tiga kabel yang perlu dilepas, yaitu: kabel touchpad, kabel usb board, dan kabel powerboard.

Melepas Ram, Wlan, dan Kabel
Setelah hardisk dan kabel-kabel pada proses sebelumnya terlepas, masih ada beberapa kabel dan hardware lagi yag perlu dilepas. Memang tidak bisa semuanya langsung dilepas karena sebagian kabel dan hardware terletak tersembunyi dibalik hardware atau perangkat yang lain.

Angkat atau geser ke samping kabel usb board, maka dapat dijumpai dibawahnya ada kabel Dc in, kabel speaker, dan perangkat wlan yang masih terhubung pada kabel antena-nya. Lepas seluruh kabel tersebut beserta perangkat wlan, jangan lupa untuk melepas kabel antena wlan.

Selanjutnya adalah melepas ram, dan kabel lcd. Pada gambar diatas adalah dua yang dikotak merah dari sebelah kanan. Untuk melepas ram seperti pada umumnya yaitu geser pin penguncinya ke kanan dan ke kiri. Untuk kabel lcd lepas plesternya kemudian tinggal cabut saja keluar.

Melepas Fan
Selanjutnya adalah melepas fan, , sekrup, dan kabel yang masih tersisa pada motherboard. Lepas seluruh sekrup dan kabel pada lingkaran merah. Setelah semuanya terlepas, fan dan motherboardnya sekalipun sudah bisa diangkat.

Pada gambar diatas, kabel yang masih tersambung adalah kabel fan dan kabel indikator led. Selebihnya adalah posisi sekrup perlu dilepas. Sampai disini proses membongkar dan melepas fan sudah selesai. Bisa dilanjut dengan membersihkan fan atau keperluan yang lainnya.

Untuk merakitnya kembali tinggal membalik saja urutan proses pada artikel ini, dimulai dari proses yang paling terakhir hingga proses yang pertama, kemudian dilanjutkan dengan membalik proses pada proses pelepasan keyboard. Kalau lupa link-nya ada dibagian atas artikel ini.

Proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »