Mengganti Keyboard Toshiba Satellite L50 L50-B


TAKTIKTOP.com - Masih dalam rangkaian tutorial si badan besar Toshiba Satellite L50 series, setelah pada artikel sebelumnya dipelajari tentang bagaimana caranya membongkar badan dan melepas fan, maka pada artikel kali ini akan dilanjut ke mengganti keyboard.

Pada laptop seri ini, proses membongkar keyboard sebenarnya masih dalam satu alur atau rangkaian dengan proses pembongkaran, tetapi supaya lebih fokus maka penulis sengaja untuk memisahnya menjadi artikel yang berbeda.

Karena proses mengganti keyboard masih dalam satu alur dengan proses melepas fan dan motherboard, maka sebelum lanjut ke tutorial pada artikel ini maka harus melakukan proses pada artikel sebelumnya yang membahas tentang cara melepas motherboard dan fan.
Okey sekarang diasumsikan sudah melakukan proses pada artikel diatas ya, berarti fan dan motherboardnya sudah dilepas. Dengan demikian bisa dilanjut pada proses berikut ini:

Melepas Perangkat yang Tersisa
Setelah motherboard dilepas, masih ada hardware yang melekat pada casing laptop, untuk memudahkan dalam proses penggantian keyboard nantinya, maka seluruh hardware yang berada pada kotak merah diatas harus dilepas dulu, untuk posisi sekrupnya berada pada bagian yang ditandai ditunjuk tanda panah.

Hardware yang dikotak merah pada gambar diatas adalah powerboard pada pojok kanan bawah, usb board pada pojok kiri bawah, indicator board pada pojok kanan atas, dan card reader yang berada pada tengah atas.

Melepas Speaker
Selanjutnya adalah melepas speaker, karena speaker-nya stereo berarti ada dua, yaitu pada dua bagian yang dikotak merah, sekrup nya berada pada dalam kotak merah yang dilingkari merah.

Setelah speaker diangkat, lepas juga kabel DC in, yang berada pada kotak merah sebelah kiri, kemudian lepas seluruh sekrup engsel yang dilingkari merah diluar area kotak merah.

Membuka Engsel
Pada gambar diatas bisa dilihat bahwa casing sudah bersih dari hardware. Sebelumnya juga sekrup engsel sudah dilepas, pada proses ini adalah membuka engsel atau melepasnya dari casing. Engsel yang dalam posisi terbuka ditunjukkan pada lingkaran merah diatas.

Untuk membuka engsel cukup ditarik ke atas saja, apabila terasa sulit atau berat dapat menggunakan bantuan obeng minus untuk mengungkitnya ke atas. 

Keyboard Toshiba Satellite L50
Selanjutnya tinggal melepaskan casing tersebut dengan cara mengangkat nya sesuai jalur engsel sambil ditarik ke atas perlahan hingga keluar. Pada gambar diatas ditunjukkan casing sudah lepas dari engsel.

Posisi Lem Permanen Pelekat Keyboard
Nah ini adalah langkah yang paling membutuhkan kesabaran, juga mengapa disebut lebih rumit dari Toshiba seri yang lainnya padahal hanya untuk mengganti keyboard.

Sistem pengunci keyboard tidak menggunakan sekrup atau klip tetapi menggunakan lem permanen, sehingga untuk melepas keyboard lem permanen tersebut harus dihilangkan dulu. Ada dua macam lem permanen, yaitu lem permanen plat besi dan lem permanen keyboard.

Sebelum melepas keyboard harus melepas plat besi terlebih dulu, dengan kata lain harus menghilangkan seluruh lem permanen plat besi yang pada gambar diatas ditunjuk dengan tanda panah merah.

Setelah seluruh lem permanen pada plat besi hilang, dilanjutkan dengan membersihkan lem permanen yang ditunjuk dengan tanda panah kuning, banyak ya? iya! banget! Setelah seluruh lem tersebut hilang, baru plat besi dapat diangkat, kemudian keyboardnya dapat dilepas.

Tips:
Untuk menghilangkan lem permanen seperti pada kasus ini, paling mudah menggunakan solder, tinggal ditempelkan nantinya lem tersebut akan meleleh.

Dalam proses pemasangan, lem permanen tersebut sudah hilang sehingga untuk merekatkan kembali bisa menggunakan dobel tip, atau bisa juga merekatkan lem tadi menggunakan solder kembali.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »