Melepas Dan Mengganti Keyboard Toshiba NB200 NB205 NB250 NB255


TAKTIKTOP.com- Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255 merupakan netbook atau laptop mungil yang diproduksi oleh Toshiba, sebagaimana netbook pada umumnya laptop ini tidak terdapat odd dan menggunakan bentang layar 10 inci.

Pada kesempatan ini akan dilepajari tentang bagaimana cara melakukan perbaikan laptop Toshiba NB200, NB205, N250, dan NB255, pada artikel ini khususnya akan diawali terlebih dahulu dengan tutorial cara mengganti keyboard pada Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255.


Berhubung bentuk, dimensi dan user interface yang dimiliki oleh Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255 sama, maka untuk cara bongkar dan pasang hardware-nya pun langkah-langkahnya juga sama, tidak terdapat perbedaan diantara keduanya.

Berikut cara melepas dan mengganti keyboard pada Toshiba NB200, NB205, NB250, dan NB255:

Melepas Baterai
Untuk mengawali langkah bongkar dan pasang hardware pada laptop apapun adalah dengan melepas baterai, sehingga laptop bersih dari arus dan untuk memperkecil kemungkinan terjadinya hubungan arus pendek selama proses pembongkaran dan pemasangan.

Melepas Rubber
Selanjutnya adalah melepas rubber atau karet yang menutup sekrup pada bagian yang dilingkari merah. Untuk kemudahan gunakan alat bantu pinset untuk mencongkelnya. Bisa juga menggunakan jarum atau benda berujung kecil yang lain.

Melepas Sekrup
Setelah rubber terlepas maka dapat dijumpai dibalik rubber yang tadi terdapat sekrup, lepas sekrup tersebut beserta dengan seluruh sekrup yang ada pada bagian yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Dua sekrup yang berada pada barisan atas merupakan sekrup utama keyboard dan tiga sekrup yang berada pada barisan bawah merupakan sekrup cover keyboard atau bagian casing yang mengunci keyboard yang mana harus dilepas lebih dulu ketika akan melepas keyboard.

Melepas Keyboard Cover
Proses selanjutnya beralih ke bagian atas laptop untuk melepas cover keyboard atau bagian casing yang mengunci keyboard. Untuk kemudahan gunakan alat bantu obeng minus untuk mencongkelnya ke atas dari sisi yang dilingkari merah.

Melepas Keyboard
Setelah keyboard cover terlepas, selanjutnya adalah melepas keyboard itu sendiri. Untuk mempermudah gunakan alat bantu pick gitar atau benda pipih sejenisnya, usahakan bukan benda logam supaya casing laptop tidak tergores.

Selipkan dan kemudan geser pick gitar pada dareah yang ditandai dengan tanda panah merah, lakukan juga pada sisi keyboard yang satunya sehingga keyboard dapat diangkat.

Melepas Kabel Keyboard
Setelah kabel dapat diangkat, selanjutnya adalah melepas kabel keyboard pada bagian yang dilingkari merah sehingga keyboard dapat dilepas seutuhnya. Untuk melepas buka dulu pengunci soketnya dengan cara mendorong maju kedua ujung pengunci pada tepi slot

Keyboard Toshiba NB200 NB205
Bentuk asli dari keyboard Toshiba NB200 dan NB205 adalah seperti pada gambar diatas. Sampai disini berarti proses melepas keyboard pada Toshiba NB200 dan NB205 sudah selesai.

Selanjutnya bisa dilanjutkan ke proses pemasangan, untuk proses pemasangan caranya tetap sama dengan proses pelepasan, hanya urutan proses dibalik dari yang terakhir menuju yang pertama begitu juga dengan aksi yang dilakukan adalah kebalikan dari saat pelepasan.

Untuk proses yang lebih detail dapat dilihat pada video berikut:


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments
May 18, 2023 at 8:48 AM delete

I liked your blog thanks for sharing this.

Reply
avatar