Mengganti Lcd Toshiba Satellite L50 L50-B


TAKTIKTOP.com - Pada artikel sebelumnya sudah dipelajari tentang bagaimana caranya membongkar, melepas motherboard serta fan dan diteruskan dengan proses melepas serta mengganti keyboard pada Toshiba Satellite L50 series.

Pada artikel kali ini akan dipelajari tentang satu bagian yang tersisa yaitu proses melepas dan mengganti lcd pada Toshiba Satellite L50. Bagi yang baru mulai coba-coba bongkar-pasang hardware, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah ini supaya tidak bingung dengan istilah-istilah yang nantinya digunakan.

Untuk melepas dan dilanjutkan dengan mengganti lcd pada Toshiba Satellite L50 series langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Toshiba Satellite L50-B
Melepas Rubber
Pada bagian sudut bawah modul lcd terdapat karet berbentuk lingkaran atau yang biasa disebut dengan rubber. Pada gambar diatas adalah yang dilingkari merah. Lepas rubber tersebut, gunakan alat bantu jarum untuk mempermudah dan untuk meminimalisir goresan.

Melepas Sekrup
Setelah rubber berhasil dilepas, dapat dijumpai dibalik rubber tersebut terdapat sekrup. Lepas sekrup kedua sekrup tersebut karena sekrup tersebut merupakan pengunci lcd dari luar casing. Eiit..rubber yang dilepas tadi jangan dibuang ya, nanti ditempel lagi untuk menutup sekrup tersebut.

Melepas Lcd Mask
Selanjutnya adalah melepas lcd mask atau casing yang menutup lcd panel dari arah depan. Untuk melepas lcd mask posisikan jari seperti pada gambar dan dimulai dari bawah webcam. Dengan posisi jari seperti itu tarik keluar lcd mask hingga terlepas bagian demi bagian.

Melepas Lcd Mask
Lanjutkan langkah tersebut ke sekeliling lcd mask, sehingga seluruh bagian akan terlepas sepenuhnya kecuali pada bagian bawah yang menutup engsel.

Melepas Cover Engsel
Untuk melepas lcd mask yang menutup bagian engsel, gunakan alat bantu obeng minus untuk mempermudah proses ini. Selipkan obeng minus dari salah satu sisi hingga tembus ke sisi lainnya kemudian diungkit ke atas maka cover engsel akan terlepas, Lakukan juga pada cover engsel yang satunya.

Melepas Sekrup Lcd
Ketika lcd mask berhasil dilepas, maka penampakannya adalah seperti pada gambar diatas, yaitu wujud asli dari lcd panel Toshiba Satellite L50. Proses selanjutnya adalah melepas sekrup lcd yang berada pada bagian dilingkari merah.

Lcd Cover Toshiba L50
Setelah sekrup pada gambar sebelumnya dilepas seluruhnya, lcd panel dapat dikeluarkan dari casingnya, tetapi kabel lcd tersebut masih terhubung sehingga perlu dilepas lebih dulu. Letakkan lcd diatas keyboard seperti pada gambar diatas untuk selanjutnya melepas kabel lcd.

Melepas Kabel Fleksibel Lcd
Sebelum kabel lcd dilepas, lepas dulu perekatnya bisa semacam plester atau lem yang menempel pada ujung kabel. Jika sudah terlepas tinggal ditarik saja kabel lcd keluar dari slot-nya seperti pada gambar diatas.

Sampai disini berarti proses melepas lcd pada Toshiba Satellite L50 sudah selesai, selanjutnya bisa dilanjutkan ke proses pemasangan lcd. Untuk proses pemasangan lcd langkah-langkahnya sama, hanya tinggal dibalik saja urutannya dari proses yang terakhir dilakukan menuju proses yang pertama.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »

4 comments

Write comments
November 7, 2015 at 7:12 PM delete This comment has been removed by the author.
avatar
November 7, 2015 at 7:17 PM delete

Gan, kalau reset password bios gimana caranya?

Reply
avatar
November 7, 2015 at 7:57 PM delete

Reset bios dilaptop msti di flash biosnya gan :D

Reply
avatar
December 4, 2021 at 6:56 AM delete

Artikel yg sangat bagus, sangat membantu !!

Kini di Jakarta telah hadir Wefixit Service Center. Kami adalah solusi bagi Anda yang ingin cepat atau tidak ingin mengantri terlalu lama untuk melakukan service laptop. Segera konsultasikan masalah laptop Anda ke nomor telepon Customer Service kami di 081290085435. Promo hingga 10% khusus hari ini!

Soal biaya service, di Wefixit Service Center memakan biaya 2 – 4 kali lebih murah bila dibandingkan dengan service center lainnya. Dijamin!

Reply
avatar