Perlukah Menggunakan Keyboard Protector?


TAKTIKTOP.com - Kebersihan laptop merupakan salah satu faktor yang menentukan apakah laptop itu akan berumur panjang atau tidak. Laptop yang selalu kotor, apalagi jika kotoran dan debu sampai masuk ke bagian dalam laptop dapat mengakibatkan overheat yang berujung kerusakan hardware.

Meskipun laptop sudah didesain sedemikian pula rapat, tertutup disana-sini, tapi selalu ada celah bagi debu untuk masuk ke dalam laptop. Bisa ikut terbawa angin yang disedot oleh kipas pada bagian bawah laptop dan bisa juga melalui keyboard.


Debu yang masuk melalui keyboard bukanlah sesuatu yang baru. Bisa dimaklumi karena laptop harus dalam kondisi terbuka ketika dioperasikan. Dalam kondisi terbuka itulah debu dan berbagai kotoran lain menyerang laptop melalui keyboard.

Hal ini menyebabkan pengguna memberikan tambahan perlindungan bagi laptop melalui keyboard-nya, yaitu dengan memberikan pelindung keyboard yang biasanya terbuat dari semacam bahan silikon atau karet.
Lubang Pada Keyboard
Tujuan dari memberikan perlindungan tambahan pada keyboard dengan menggunakan protector atau skin semacam itu sebenarnya bagus, yaitu supaya keyboard selalu terlindungi dari debu sehingga tidak ada debu yang menempel apalagi sampai masuk ke dalam laptop melalui lubang keyboard.

Tetapi sebelum memutuskan untuk menggunakan keyboard protector ada hal yang sebelumnya mesti dipahami lebih dulu. Itu karena hal tersebut turu menjadi faktor penentu durability yang ada pada keyboard khususnya dan laptop itu sendiri umumnya.


Perlu diketahui bahwa lubang-lubang yang berada pada tombol keyboard juga mempunyai fungsi lain, yaitu sebagai pori-pori laptop. Selain saluran pembuangan panas utama oleh fan laptop, pori-pori ini juga dapat menjadi saluran supaya panas dapat keluar.

Ketika keyboard laptop ditutup menggunakan keyboard protector, maka suhu panas yang ada dibagian bawah laptop tidak akan bisa terangkat dan hanya mengandalkan pada saluran pembuangan kipas. Hal ini dapat menyebabkan daerah sekitar keyboard menjadi lembab.

Faktor lembab ini merupakan salah satu perusak keyboard yang paling banyak, untuk itu sebaiknya keyboard laptop selalu dalam kondisi kering. Kelembaban bukan hanya merusak keyboard tapi juga dapat merusak hardware yang lainnya.

Menggunakan keyboard protector sebenarnya tidak masalah. Tetapi sebaiknya dilepas dalam jangka waktu tertentu supaya keyboard mendapatkan hawa panas dari luar sehingga menjadi kering dan kelembaban pada area keyboardpun dapat dihilangkan.


Share this

Related Posts

Previous
Next Post »