Cara Paling Mudah Membuat Flashdisk Bootable Windows 10 8 dan 7

Flashdisk Bootable Windows
Tingginya aktifitas yang digunakan pada laptop maupun komputer desktop tidak jarang dapat menyebabkan sistem operasi menjadi lambat dan bahkan error. Dalam kondisi seperti itu tentu sudah saatnya untuk melakukan pembaharuan pada sistem operasi.

Pembaharuan yang dilakukan yaitu bisa dengan cara melakukan instalasi ulang sistem operasi yang digunakan. Untuk melakukan instalasi ini tentunya dibutuhkan media yang nantinya akan digunakan untuk instalasi.

Laptop keluaran baru jenis netbook atau laptop berukuran kecil lainnya umumnya tidak terdapat slot ODD atau Optical Disc Drive atau yang lebih dikenal dengan jenisnya seperti CDRom, DVDRW, Blueray, dll. Jika laptop tidak terdapat Odd maka untuk melakukan instalasi harus dilakukan via usb. Via usb bisa berarti menggunakan usb dvd maupun flashdisk.

Install Windows menggunakan flashdisk jauh lebih cepat dari pada menggunakan Dvd. Dan proses membuat flashdisk menjadi bootable windows tidaklah sesulit yang dibayangkan. Dalam artikel ini akan dihadirkan cara yang paling mudah untuk membuat flashdisk menjadi bootable media instalasi Windows.

Proses membuat flashdisk bootbale ini menggunakan aplikasi pihak ketiga yang bernama Rufus, dapat didownload pada laman resminya secara gratis, tidak berbayar. Metode ini dapat juga dilakukan untuk membuat flashdisk bootable untuk sistem operasi selain Windows, seperti Linux.

Yang dibutuhkan disini hanya software Rufus yang dapat didownload secara gratis pada laman resminya dan Image/Iso file dari sistem operasi yang akan digunakan, apabila hanya ada dalam bentuk dvd juga tetap bisa digunakan.

Rufus
Tampilan Rufus
Jika belum ada aplikasi Rufus maka bisa langsung download ke laman resminya, setelah selesai download buka aplikasi tersebut maka akan muncul tampilan seperti pada gambar diatas. Untuk menjalankannya sangat mudah sekali.

Backup data yang ada didalam Flashdisk lebih dulu, karena dalam proses pembuatan bootable flashdisk akan ada proses format yang akan menyebabkan seluruh data dalam flashdisk hilang.

Jika yang akan dibuat adalah bootable flashdisk untuk Windows 8, 7 atau Linux, langsung klik icon cd yang ditunjuk dengan tanda panah merah, kemudian cari lokasi file iso atau image file sistem operasinya, setelah ketemu tinggal dipilih aja kemudian bisa langsung klik Start dan tunggu hingga proses selesai. Untuk setting yang lainnya bisa dibiarkan sesuai dengan bawaannya tidak perlu diubah.

Jika yang akan dibuat adalah bootable flashdisk untuk Windows 10 ada sedikit perubahan seperti pada gambar dibawah ini:
Membuat Bootable Flashdisk Windows 10
Untuk membuat bootable flashdisk Windows 10, setelah Rufus terbuka klik icon cd yang ditunjuk dengan tanda panah merah untuk mencari lokasi iso file atau file image sistem operasinya. Setelah ketemu tinggal dipilih aja.

Kemudian perhatikan pada baris yang dikotak merah disebelah atas, untuk bootable flashdisk Windows 10, pada Partition scheme and target system type pastikan untuk memilih GPT Partition Scheme (For UEFI). Untuk setting yang lainnya biarkan saja standar seperti bawaan, tidak perlu diotak-atik selanjutnya bisa langsung klik Start.

Proses Membuat Bootable Flashdisk
Setelah tombol Start diklik, maka proses pembuatan bootable flashdisk akan berjalan seperti pada gambar diatas. Begitu selesai sudah langsung siap dipakai untuk instalasi Windows maupun sistem operasi lain yang diinginkan.



Share this

Related Posts

Previous
Next Post »