Mengganti Lcd Toshiba Ultrabook Satellite U940 U945


TAKTIKTOP. com - Masih dalam rangkaian tutorial Toshiba Ultrabook Satellite U940 dan U945, setelah sebelumnya dipelajari bersama tentang bagaimana cara membongkar dan membersihkan fan Toshiba Ultrabook Satellite U940 dan U945, maka pada artikel ini akan dilanjutkan pada proses mengganti lcd Toshiba Ultrabook Satellite U940.

Sebelum memulai proses pembongkaran lcd, bagi yang belum terbiasa atau baru mulai belajar bongkar-pasang hardware laptop, ada baiknya untuk membaca artikel dibawah berikut supaya tidak bingung nantinya dengan istilah-istilah yang akan digunakan selama proses pembongkaran.


Toshiba Ultrabook Satellite U940
Toshiba Ultrabook Satellite U940 dan U945 dari segi panel layar sudah menggunakan perangkat slim led. Itu berarti menggunakan led yang bebentuk tipis, lebih tipis dari ukuran led biasa. Untuk cara bongkar lcd-nya bisa langsung dipelajari dibawah.

Melepas Baterai
Seperti biasa, untuk mengawali proses bongkar dan pasang hardware apapun pada laptop yaitu dimulai dengan melepas baterai laptop lebih dahulu, untuk mengurangi kemungkinan terjadinya arus pendek selama proses pembongkaran.

Melepas Rubber
Setelah baterai dilepas mari dilanjutkan ke proses selanjutnya, yaitu melepas rubber. Rubber atau karet penutup pada laptop seri ini berbentuk kotak, posisinya adalah pada bagian yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Sekrup
Setelah rubber dilepas, dapat dijumpai dibalik rubber tadi ada sekrup. Lepas kedua sekrup tersebut yang mana sekrup tersebut merupakan sekrup yang mengunci lcd dari luar casing. Pada masing-masing sisi terdapat satu buah sekrup.

Melepas Lcd Mask
Proses selanjutnya adalah melepas lcd mask atau casing yang menutupi layar lcd dari arah depan. Sebelum memulai proses melepas lcd mask, posisikan jari seperti pada gambar diatas. Proses melepas dimulai dari bagian bawah lokasi camera.

Melepas Lcd Mask
Dalam posisi jari-jari tangan seperti pada gambar sebelumnya tarik lcd mask keluar secara perlahan hingga terlepas bagian demi bagian. Lakukan langkah tersebut ke sekeliling sambungan lcd mask hingga terlepas seluruhnya. Jika sudah terlepas seluruhnya lcd mask dapat diangkat dengan mudah.

Melepas Sekrup Lcd
Gambar diatas adalah bentuk asli dari panel lcd pada laptop tanpa ada casing penutupnya dari depan. Untuk proses melepasnya dilanjutkan dengan melepas sekrup lcd yang berada pada bagian yang dilingkari merah. Setelah seluruh sekrup tersebut dilepas maka lcd dapat dengan mudah diangkat.

Melepas Kabel Lcd
Setelah seluruh sekrup tersebut dilepas, angkat lcd dan letakkan diatas keyboard seperti pada gambar diatas, kemudian lepas kabel lcd dari slot konektornya. Untuk melepasnya tinggal ditarik keluar saja dari slotnya, jangan lupa lepas dulu perekatnya.

Sampai disini berarti proses melepas lcd pada laptop Toshiba Ultrabook Satellite U940 ataupun U945 sudah selesai. Selanjutnya untuk memasangnya kembali tinggal membalik saja urutan proses dari yang terakhir menuju yang pertama.

Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »