Melepas dan Mengganti Lcd Toshiba Satellite C50 C50B C55

TAKTIKTOP.com - Masih dalam rangkaian tutorial Toshiba Satellite C50, C50B dan C55, setelah sebelumnya dibahas tentang bagaimana caranya mengganti keyboard dan dilanjutkan dengan membongkar serta membersihkan fan, maka pada artikel ini akan dilanjut ke sesi berikutnya yaitu melepas dan mengganti lcd.
Pada laptop Toshiba Satellite C50, proses penggantian lcd justru lebih mudah dari pada proses mengganti keyboard yang pada laptop umumnya proses penggantian keyboard justru lebih mudah, karena tidak perlu melakukan pembongkaran badan utama laptop.

Untuk melepas dan mengganti lcd pada Toshiba Satellite C50 series langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Posisi Jari Saat Melepas Lcd Mask
Sebelum melepas lcd, terlebih dahulu casing yang membungkus lcd dari arah depan atau lcd mask harus dilepas lebih dulu. Untuk itu posisikan jari seperti pada gambar, proses melepas lcd mask dimulai dari bagian bawah webcam.

Jika posisi jari sudah seperti pada gambar, tarik keluar lcd mask secara perlahan, sehingga akan terlepas bagian demi bagian.

Melepas Lcd Mask 1
Melepas Lcd Mask 2
Lakukan langkah melepas lcd mask tersebut ke sekeliling lcd mask, hingga seluruh bagian lcd mask terlepas. Jika seluruh bagian sudah terlepas, maka lcd mask dapat diangkat dengan sangat mudah.

Lcd Panel Toshiba C50
Gambar diatas menunjukkan bahwa lcd mask telah berhasil dilepas dan bisa lanjut ke proses selanjutnya untuk melepas lcd. 

Proses yang dilakukan sekarang adalah melepas sekrup lcd yang berada pada bagian dilingkari merah, yaitu pada bagian atas lcd. Setelah sekrup tersebut dilepas, kendorkan seluruh sekrup yang berada pada bagian dilingkari biru. Cukup dikendorkan saja tidak perlu sampai terlepas.

 Melepas Sekrup Samping Lcd
Setelah sekrup pada bagian yang dilingkari biru di gambar sebelumnya dikendorkan, tarik lcd panel kedepan sedikit, sehingga akan ada rongga antara lcd cover dan lcd panel dan dapat terlihat sekrup pada bagian samping lcd.

Lepas seluruh sekrup yang mengunci lcd dari arah samping tersebut. Posisi sekrup tersebut berada pada bagian yang ditunjuk dengan tanda panah merah.

Melepas Kabel Lcd
Setelah sekrup pengunci samping lcd dilepas, maka lcd panel dapat diangkat, letakkan dulu diatas keyboard, kemudian lepas dulu kabel camera yang masih terhubung ke lcd. Posisi kabel camera adalah yang dilingkari merah pada gambar diatas.

Melepas Kabel Lcd
Langkah terakhir adalah melepas kabel lcd, dengan cara menarik menarik kabel keluar dari slot-nya. Jangan lupa lepas dulu perekatnya. Sampai disini berarti proses melepas lcd sudah selesai. 

Untuk melakukan pemasangan lcd kembali, tinggal dibalik saja urutan proses dari yang paling terakhir menuju proses yang pertama. Sama saja hanya aksinya yang dilakukan berlawanan, 
Untuk proses lebih detail dapat dilihat pada video berikut:

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »